Mobil

RIP Tata Nano, Mobil Termurah di Dunia 'Tutup Usia'

Tata Nano, mobil termurah yang diproduksi perusahaan India terpaksa harus 'tutup usia' di tahun 2019 karena sepi peminat.

Rendy Adrikni Sadikin | Husna Rahmayunita

Tata Nano
Tata Nano

Mobimoto.com - Mobil termurah di dunia Tata Nano terpaksa tutup usia alias diberhentikan produksinya tahun 2019.

Satu dekade pasca produksi, tak membuat mobil tersebut laris di pasaran India.

Dikutip dari laman cnet, Tata Motors Ltd tak bisa berharap lebih.

Mobil yang awalnya diperkirakan mampu menembus pasar malah membuat kecewa. Hal tersebut dibuktikan dari catatan produksi yang ada.

Di bulan Juni 2017, perusahaan memproduksi 275 unit. Selang setahun dan di bulan yang sama, hanya 1 unit yang diproduksi. Pantas jika kemudian tak ada harapan untuk tahun 2019.

Tata Nano
Tata Nano

Berakhirnya nasib 'mobil rakyat' harusnya dijadikan pelajaran bagi perusahaan untuk tidak terfokus pada kepentingan komersial semata.

Dijual murah jauh dengan harga mobil lain, Nano ternyata mudah terbakar dan kurang safety. Jadi murah karena minim kualitas.

Tata Nano
Tata Nano

Di tahun 2018, Harga Tata Nano jika dikurskan ke rupiah sekitar Rp 48.9 juta, mirip dengan harga sepeda motor premium yang sedang hitz. Sementara pada awal peluncurannya di tahun 2008, dijual seharga Rp 21,6 juta.

Untuk mesin, mobi rakyat mengusung mesin 624 cc, dua silinder, tenaga 38 PS pada 5.500 rpm dan torsi 51 pada 4000 rpm.

Memperkuat alasan yang ada, kegagalan penjualan Tata Nano juga disebabkan minat masyarakat akan mobil SUV yang menawarkan kenyamanan.

RIP Tata Nano. (*)

Berita Terkait

Berita Terkini