Mobil

Yuk Kenalan Sama Mobil Terkencang McLaren

Diklaim merupakan mobil tercepat selain mobil F1, mobil ini "beringas"!

Agung Pratnyawan | Cesar Uji Tawakal

McLaren Senna abu-abu. (http://cars.mclaren.com)
McLaren Senna abu-abu. (http://cars.mclaren.com)

Mobimoto.com - Diperkenalkan Maret lalu pada ajang Ganeva Motor Show. McLaren Senna menyajikan desain yang sangat memukau.

Dinamai berdasar pembalap F1 legendaris era akhir 80 sampai 90 an, Aytron Senna tiba di McLaren sebagai pembalap muda dan beberapa kali juara dunia. Apa sih yang spesial dari mobil ini?

Memiliki desain yang sangat sporty, dengan sekilas memandang kita bisa tau kalau McLaren Senna tentu sangat kencang. Bentuk yang disesuaikan dengan fungsi, sangat aerodinamis. McLaren mengklaim bahwa gaya tekan ke bawah atau 'downforce' yang dihasilkan bisa mencapai 800 kg dalam kecepatan sekitar 250 km/jam.

McLaren Senna ini memiliki mesin dengan kubikasi sebesar 4 liter atau 4.000 cc, dengan konfigurasi mesin V8 plus turbocharger ganda, mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 800 PS dan torsi sebesar 800 Nm.

Sangat 'beringas'. Dengan power-to-weight ratio sebesar 659 bhp, mobil ini bisa melesat dari 0-200 km/jam dengan waktu 6,8 detik. Topspeed? 340 km/jam. Mobil ini merupakan mobil yang diklaim oleh McLaren sebagai mobil teringan dan terlincah yang pernah mereka buat.

Namun ada perbedaan untuk mobil keluaran Eropa dan Amerika. Mobil untuk eropa memiliki 3 lubang knalpot, berbeda dengan Amerika yang hanya 2, hal ini terjadi karena versi eropa dibuat agar 'lebih tidak berisik' karena aturan polusi suara di Eropa lebih ketat.

Perbedaan versi Eropa dan Amerika. (jalopnik.com)
Perbedaan versi Eropa dan Amerika. (jalopnik.com)

Kurang? McLaren bahkan menyediakan versi kencangnya, yakni Senna GTR Concept.

Versi 'kencang' dari McLaren Senna. (http://cars.mclaren.com)
Versi 'kencang' dari McLaren Senna. (http://cars.mclaren.com)

Selain lebih kencang dengan tenaga 825 PS, McLaren Senna GTR ini juga memiliki downforce sebesar 1.000 kg, 200 kg lebih besar. Namanya juga 'versi balap'.

McLaren Senna ini dijual dengan harga mulai dari 837.000 dolar AS atau senilai Rp 12 Miliar. Tertarik membelinya?

Berita Terkait

Berita Terkini