Mobil

Ada Cerita Unik di Balik Nama 5 Mobil Ini

Memberikan nama pada sebuah produk memang tidak boleh sembarangan Sob.

Agung Pratnyawan | Praba Mustika

Ilustrasi Mobil. (pexels/Srmad Mughal)
Ilustrasi Mobil. (pexels/Srmad Mughal)

Mobimoto.com - Dalam memberikan nama produknya, setiap produsen kendaraan baik mobil maupun motor pasti tidak sembarangan. Karena penamaan produk akan sangat memengaruhi citra merek dan kaitan dengan produknya.

Ada produsen yang memberikan nama pada mobilnya untuk mengenang seseorang, peristiwa atau hal lainnya.

Seperti lima mobil di bawah ini yang punya cerita unik dan menarik di balik namanya.

1. Ferrari Dino

Ferrari Dino. (topspeed)
Ferrari Dino. (topspeed)

Ferrari Dino diproduksi antara tahun 1968 hingga 1976 dan ternyata nama 'Dino" yang disematkan Ferrari tidak ada kaitannya dengan hewan purbakala, Dinosaurus.

Nama 'Dino' sebetulnya diambil dari nama anak Enzo Ferrari yang bernama Alfredo yang meninggal karena distrofi atau kelainan pada ototnya.

Alfredo yang akrab dipanggil 'Dino' meninggal pada usia 24 tahun dan untuk mengenangnya, Ferrari membuat sebuah mobil dengan nama Ferrari Dino.

2. Lotus Elise

Lotus Elise. (caranddriver)
Lotus Elise. (caranddriver)

Disadari atau tidak, mobil buatan Lotus selalu membuat mobil dengan nama yang dimulai dengan huruf 'E'. Misalnya Lotus Eleven, Evora, Espirit, Lotus Exige dan Lotus Elise.

Serupa dengan penamaan pada Ferrari Dino, nama Lotus Elise diambil dari nama cucu Romano Artioli (Pemilik Lotus) yang bernama Elisa Artioli.

3. Chevrolet Corvette

Chevrolet Corvette. (emichchevrolet)
Chevrolet Corvette. (emichchevrolet)

Chevrolet Corvette pertama kali diproduksi pada tahun 1953 dan dalam budaya warga Amerika, mobil ini bisa dikatakan sangat ikonik.

Suatu hari, seluruh karyawan General Motors diminta untuk memberikan saran nama untuk mobil terbaru yang akan diproduksi.

Nama Corvette sebetulnya adalah nama kapal perang berukuran kecil milik Amerika Serikat.

Pemilihan nama Corvette yang digunakan Chevrolet untuk menciptakan nuansa heroik karena identik dengan kapal perang.

4. Lamborghini Miura

Lamborghini Miura. (ritholtz.com)
Lamborghini Miura. (ritholtz.com)

Lamborghini Miura disebut-sebut sebagai mobil sport pertama di dunia karena pada masanya (1966-1972) Miura sudah menggunakan mesin V12.

Nama Miura diberikan oleh Ferruccio Lamborghini sebagai bentuk penghormatan kepada seorang peternak banteng bernama Eduardo Miura.

Eduardo Miura terkenal andal dalam merawat banteng-banteng yang ada di peternakannya dan menghasilkan banteng adu terbaik di Spanyol.

5. Ford Mustang

Ford Mustang. (pexels)
Ford Mustang. (pexels)

Muscle car yang satu ini memang terkenal karena desainnya yang mencirikan ketangguhan.

John Najjar, designer mobil ini mengatakan nama 'Mustang' diambil dari nama pesawat pada perang dunia ke-2 (P-51 Mustang) milik Amerika.

Sementara itu menurut Lee Iacocca yang juga terlibat dalam pembuatan Ford Mustang mengatakan kalau nama 'Mustang' memang diambil dari nama kuda mustang.

Sebagaimana tren pada masa itu yang menggunakan nama hewan sebagai nama mobil.

Ternyata di balik nama mobil yang sudah dikenal luas di dunia, ada cerita unik, cerita haru dan kaitannya dengan sejarah dunia ya Sob.

Berita Terkait

Berita Terkini