Mobil

Menyerah Buat Mobil Diesel, Porsche Alihkan Fokus ke Mesin Hybrid

Porsche merasa mesin diesel kini kurang diminati.

Rendy Adrikni Sadikin | Cesar Uji Tawakal

Porsche Taycan saat diperkenalkan. (jalopnik.com)
Porsche Taycan saat diperkenalkan. (jalopnik.com)

Mobimoto.com - Turunnya permintaan terhadap mesin diesel membuat produsen mobil asal Jerman, Porsche memutar otak. Penurunan permintaan mesin yang berbahan bakar solar ini dianggap membebani line produksi Porsche.

Dikutip dari Autoevolution (24/9), Porsche berencana untuk menghentikan produksi dari mobil dieselnya. ''Porsche tidak akan mengutamakan diesel, ini penting bagi pengembangan teknologi di Porsche,'' ujar CEO Porsche, Oliver Blume.

''Sebagai pengembang mobil sport, pengembangan mesin diesel memang bukan prioritas sejak awal. Karena itu kami memutuskan untuk tidak lagi membuat produk bermesin diesel. Namun kami akan tetap menjamin ketersediaan perawatan bagi mobil yang telah ada karena ini merupakan keprofesionalan yang diharapkan oleh pelanggan,'' ujar Blume pada hari Minggu kemarin.

Porsche 911 Tahun 1963. (rsiauto.com)
Porsche 911 Tahun 1963. (rsiauto.com)

Pihak Porsche merasa pengembangan mesin diesel kurang penting. Hal ini terjadi karena selama 2017 dari permintaan total yang diterima produsen dari 911 series ini, mesin diesel hanya memiliki pangsa pasar sebesar 12%. Hal ini tentu menjadikan Porsche berpikir ulang untuk menginvestasikan dana mereka untuk pengembangan mesin jenis ini. Mereka beranggapan hal tersebut tak lagi perlu.

Keputusan tersebut diperkuat dengan penjualan mobil mereka, 'Panamera' di mana terdapat total 63% permintaan mesin hibrida, membua mereka semakin yakin dengan keputusan mereka.

Selain mesin hibrida, Porsche yang telah mengembangkan mobil elektrik, 'Taycan'. Mereka berencana mengembangkan sebanyak 50 persen produk 'hybrid' dan elektrik pada masa yang akan datang.

Namun Porsche masih akan tetap mengembangkan mesin berbahan bakar bensin. Mereka beranggapan bahwa mesin masih diminati oleh mereka penggemar mobil berperforma tinggi.

Berita Terkait

Berita Terkini