Mobil

GyroDrive, Mobil Terbang Pertama yang Legal di Dunia

GyroDrive dikembangkan oleh perusahaan asal Ceko, Nirvana AutoGyro.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

Nirvana AutoGyro GyroDrive, Mobil Terbang Pertama yang Legal di Dunia. (Startup Selfie)
Nirvana AutoGyro GyroDrive, Mobil Terbang Pertama yang Legal di Dunia. (Startup Selfie)

Mobimoto.com - Industri otomotif selalu berkembang seiring perkembangan zaman, mulai dari mobil yang awal diciptakan untuk mengganti kereta yang ditarik dengan kuda. Masih belum cukup, manusia kembali berinovasi dengan menciptakan mobil terbang, seperti yang dilakukan oleh Nirvana AutoGyro, yang berhasil membuat mobil terbang pertama yang bisa digunakan secara legal.

Perusahaan asal Ceko tersebut, berhasil membuat mobil terbang yang mereka beri nama GyroDrive. Meski secara bentuk terlihat seperti helikopter, tapi tidak secara teknis.

Dilansir dari Startup Selfie, Pavel Brezina, pilot asal Ceko mengatakan kalau GyroDrive adalah kendaraan pertama yang diperbolehkan untuk berjalan layaknya mobil dan terbang.

Alasan lain kenapa GyroDrive lebih disebut sebagai mobil karena masih menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya, yang kemudian menghubungkan ke sistem elektrik agar baling-baling bisa berputar.

Sebagai mobil, GyroDrive hanya memiliki kecepatan maksimal 40 kilometer per jam. Sementara saat diterbangkan, GyroDrive bisa terbang sekitar 600 kilometer dengan kecepatan 180 kilometer per jam.

Saat akan kembali digunakan di jalan, pilot harus memposisikan baling-baling lurus sejajar dengan bodi GyroDrive.


Sumber video: NirvanaAutogyro

Meski begitu, untuk bisa mengemudikan GyroDrive, pengemudi harus memiliki lisensi untuk menerbangkan pesawat dan surat izin mengemudi, tentunya.

Mungkin GyroDrive belum akan dipasarkan secara bebas, mengingat butuh waktu lagi untuk beradaptasi pada jenis kendaraan yang baru ini, guna memastikan keamanan.

Berita Terkait

Berita Terkini