Mobil

Soal Mobil Esemka, Begini Penjelasan Presiden Joko Widodo

Mobil Esemka dan nama Joko Widodo memang tak bisa dilepaskan.

Angga Roni Priambodo

Presiden Joko Widodo (Instagram/Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Instagram/Jokowi)

Mobimoto.com - Mobil Esemka dan nama Joko Widodo memang tak bisa dilepaskan. Mobil ini ramai jadi bahasan ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih menjabat sebagai Wali Kota Surakarta pada tahun 2012 lalu. Namanya sempat tenggelam, tahun ini Esemka menggema lagi.

Memasuki tahun politik, tentu saja banyak isu dimainkan terkait kembalinya mobil karya siswa-siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Surakarta, Jawa Tengah tersebut. Salah satunya adalah soal pencitraan dan mobil China yang diganti logo.

Sebagai orang yang berhubungan langsung kemunculan Esemka, Presiden Jokowi pun memberikan penjelasan lewat akun media sosial resminya, Kamis (25/10). Menurutnya, sejak jadi Wali Kota Surakarta sampai kini, jurnalis selalu menanyainya tentang mobil Esemka.

''Begini. Mobil Esemka dulu itu produk uji coba dari anak-anak SMK di Surakarta dibantu oleh beberapa teknisi dari perusahaan-perusahaan besar. Sebagai wali kota tentu saya mendorong upaya anak-anak kita ini, termasuk mendukung agar Esemka bisa berlanjut ke tahap berikut seperti uji emisi dan mendapatkan status layak jalan'' ungkap Presiden Jokowi di akun Instagramnya @jokowi.

Selengkapnya bisa dibaca dibawah ini.

Lanjut Jokowi, ketika Esemka sudah menjadi properti industri sudah tak terkait lagi dengan pemerintah. 

''Tugas pemerintah hanya mendorong, tidak ada kaitannya dengan kepentingan apa pun. Setelah jadi ya diserahkan kepada industri. Seperti saat ini, Esemka sudah dikerjakan dan dikembangkan penuh oleh industri tanpa campur tangan pemerintah dalam proses produksinya. Tentu bukan Presiden yang buat pabrik sendiri dan bikin mobil Esemka sendiri,'' tegasnya.

Hal ini langsung mengundang beragam respons dari para netizen. Ada yang pro namun juga ada yang kontra.

''iyaaa bapak President jokowi. kita masyarakat yg sudah faham," tulis ipg.11ways.
''Mobil smk munculnya 5thn sekali ," balas @setyasukma.

Bagaimana menurutmu, Sob?

Berita Terkait

Berita Terkini

Mobil

Kijang Innova: Raja Jalanan Indonesia

Kijang Innova, mobil keluarga andalan di Indonesia, dikenal dengan kehandalan, ketangguhan, dan desainnya yang elegan. Kepopulerannya tidak lepas dari faktor-faktor seperti harga yang kompetitif, fitur yang lengkap, layanan purna jual yang memuaskan.

Mobil

Kenapa Toyota Avanza Sering Dicuri? Ini Alasannya!

Toyota Avanza, mobil keluarga yang populer di Indonesia, ternyata memiliki angka pencurian yang tinggi. Simak alasan mengapa Avanza menjadi target empuk para pencuri dan bagaimana cara mencegahnya.

Mobil

Kenapa Bugatti La Voiture Noire Sangat Mahal?

Bugatti La Voiture Noire, mobil super dengan desain elegan terinspirasi klasik, performa monster 1.500 hp, dan material terbaik, menjadikannya simbol kemewahan dan kelangkaan otomotif dengan harga fantastis Rp 282,3 miliar