Mobil

Tips Anti Ngadat, Mobil Jarang Dipakai Tetap Terawat!

Penting untuk merawat mobil agar tidak ngadat.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi Mobil. (Facebook/Jonathan Claus Hendra)
Ilustrasi Mobil. (Facebook/Jonathan Claus Hendra)

Mobimoto.com - Jika sudah berkeluarga, atau memiliki income yang cukup, memiliki mobil adalah wacana yang wajib diwujudkan. Alat transportasi ini memang sangat berperan penting, apalagi jika sudah keluarga, karena akan memudahkan mobilitas sanak famili.

Namun bagaimana jika anda punya mobil? Tapi teralu sibuk sehingga mobil terbengkalai di garasi? Tetap tenang, untuk mencegah mobil anda 'ngambeg' alias 'ngadat', ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mobil senantiasa siap jalan dan terawat.

1. Panaskan mobil 

Ilustrasi Mengemudikan Mobil. (pexels.com)
Ilustrasi mengendarai mobil. (pexels.com)

Walaupun jarang dipakai, mobil harus rutin dipanaskan setidaknya satu minggu sekali. Hal ini untuk menjaga agar oli tidak 'rusak' sehingga mesin tetap bisa jalan. Tak hanya itu, mesin yang rutin digunakan untuk setidaknya jalan-jalan akan membuat komponen-komponen seperti ban agar tidak 'getas' berikut gardan tidak 'kaku' karena olinya mengental.

2. Cuci mobil

Tempat Cuci Mobil ala Pit Stop Formula 1. (YouTube/Piwee)
Rajin cuci mobil biar cat awet, baik dicuci sendiri atau di salon mobil. (YouTube/Piwee)

Walau mobil anda terparkir rapi di garasi, jangan lupa untuk rajin dicuci. Hal ini untuk mencegah debu yang bikin cat baret dan juga untuk mencegah karat.

3. Isi bensin

Ilustrasi Bensin. (intersport.id)
Ilustrasi Bensin. (intersport.id)

Jika bensin cuma didiamkan bisa jadi bensin tersebut 'kadaluwarsa' alias basi. Basinya bahan bakar ini tentu membuat mobil anda susah untuk jalan.

Itulah tiga tips untuk menjaga agar mobil 'peliharaan' anda selalu siap sedia jika suatu saat ada situasi darurat, jalan-jalan dadakan misalnya.

Berita Terkait

Berita Terkini