Mobil

Ternyata Ini Mobil Pertama di Indonesia, Julukannya Kereta Setan

Mobil ini ada sejak jaman Hindia Belanda, pemiliknya seorang raja, siapa dia?

Dany Garjito | Cesar Uji Tawakal

Mobil pertama di Indonesia. (Facebook/Sejarah Transportasi)
Mobil pertama di Indonesia. (Facebook/Sejarah Transportasi)

Mobimoto.com - Sejarah mengenai perkembangan otomotif di Indonesia ternyata sudah dimulai sejak sangat lama. Saat itu, ketika Belanda masih menjajah, tercatat seorang dari salah satu kerajaan di Indonesia-lah (atau lebih tepatnya Hindia-Belanda) yang menjadi pemilik mobil pertama di Indonesia. Siapa itu?

Dia adalah Sunan Pakubuwono X yang merupakan raja dari Keraton kasunanan Surakarta. Raja ini memerintah dari tahun 1893 hingga tahun 1939. Raja yang memiliki nama lahir Raden Mas Sayiddin Malikul Kusna ini tercatat sebagai orang pertama yang mengimpor mobil  dalam sejarah Indonesia.

Raja Surakarta, Pakubuwono X. (wikipedia.org)
Raja Surakarta, Pakubuwono X. (wikipedia.org)

 

Setahun setelah dilantik menjadi raja, Sunan Pakubuwono X (PB X) membeli sebuah mobil bernama Benz Phaeton. Mobil buatan Jerman ini merupakan produksi dari cikal bakal perusahaan yang kini dikenal dengan nama Mercedez-Benz.

Mobil ini dilengkapi dengan mesin 1 silinder berkapasitas 2 liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 5 HP. Karena tidak ditarik dengan kuda, mobil ini mendapat julukan sebagai ''Kereta Setan''.

Mobil Benz Phaeton ini kabarnya dipesan dari Eropa dengan harga 10.000 gulden.

Menariknya, mobil ini juga tercatat sebagai mobil pertama di Asia Tenggara, sebelum disusul oleh Raja Thailand Chulalongkom (Rama V) pada 1904.

Mobil Benz Phaeton milik PB X ini sayangnya terakhir kali terlihat pada tahun 1924. Saat itu mobil ini hendak dikapalkan ke Belanda melalui pelabuhan Semarang untuk ikut pameran mobil. Setelah itu mobil ini hilang jejak.

Berita Terkait

Berita Terkini