Mobil

Sering Dengar Istilah Spooring? Ternyata Inilah Arti dan Asal Usulnya

Bagi pemilik mobil tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Spooring, tapi apa sih artinya? dan dari mana asal-usulnya?

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

Ilustrasi Bengkel Spooring dan Balancing Roda Mobil. (Facebook/Ifan Ramadhana)
Ilustrasi Bengkel Spooring dan Balancing Roda Mobil. (Facebook/Ifan Ramadhana)

Mobimoto.com - Salah satu perawatan rutin yang harus dilakukan di mobil kesayangan adalah spooring dan balancing. Secara teknis, baik spooring atau balancing akan meluruskan kembali posisi roda mobil saat dirasa sudah tidak nyaman dikemudikan. Tapi ternyata istilah spooring itu hanya ada di Indonesia, lho. Kira-kira arti kata spooring itu apa, sih? dan  dari mana ya istilah itu berasal?

Pasti banyak yang mengira kalau kata spooring berasal dari bahasa Belanda. Yup, bener banget, Sob. Kata spooring memang berasal dari bahasa Belanda. Tapi adakah yang tahu artinya?

Kalau melihat dari praktiknya, mungkin akan banyak yang mengira spooring itu sama artinya dengan balancing atau menyeimbangkan. Padahal, spooring dalam bahasa Indonesia berarti jalur atau lintasan.

Meski begitu, di negeri Oranye sendiri tidak ada lho, istilah spooring untuk memperbaiki posisi roda mobil.

Di Belanda sana, istilah untuk meluruskan kembali roda mobil ke posisi semula adalah uitlijnen atau dalam bahasa Inggris berarti align yang artinya sejajar.

Nah istilah spoor atau spooring itu sebetulnya merupakan masalah pada roda mobil. Contohnya, jika ban mobil uitspoor (keluar jalur, melebar) atau toespoor (ke dalam).

Biar nggak bingung, kira-kira seperti inilah ilustrasi uitspoor dan toespoor.

Uitspoor dan Toespoor Pada Roda Mobil. (Facebook/Arnold Jonathan)
Uitspoor dan Toespoor Pada Roda Mobil. (Facebook/Arnold Jonathan)

 

Ketika posisi roda mobil sudah uitspoor atau toespoor, akan terasa perbedaan ketika menyetir mobil. Bisa jadi susah dikendalikan atau terasa getaran.

Lebih lanjut, melansir dari situs resmi Nissan Indonesia, mobil perlu segera dilakukan spooring saat:

  1. Merasa permukaan ban tidak rata, misalnya ada benjolan yang memengaruhi sistem suspensi mobil.
  2. Bila keempat ban terlihat tidak sejajar dalam posisi diam. Misalnya ketika sedang diparkir, lalu terlihat ada ban yang miring, tidak lurus dengan roda belakang dan sebaliknya.

Istilah dari bahasa Belanda memang cukup banyak diserap ke dalam bahasa Indonesia, salah satunya adalah spooring, meski spooring itu sendiri adalah bagian dari uitlinjinen atau penjajaran kembali roda mobil. Nah, sekarang jadi sudah tahu kan arti dan asal usul istilah spooring.

Berita Terkait

Berita Terkini