Mobil

Ford Tarik Jutaan Unit Truk Pick Up dari Pasaran, Kenapa Ya?

Ford mau ambil risiko besar.

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita

Ford F-150. (Ford)
Ford F-150. (Ford)

Mobimoto.com - Kabar tak sedap datang dari perusahaan otomotif Ford. Jutaan unit truk pick up Ford F-150 kena recall atau ditarik dari pasaran luar negeri.

Berani mengambil risiko dan rugi besar, proses recall ini menjadi salah satu yang terbesar sepanjang sejarah. Atas kabar ini, penggemar pun tentunya dibuat penasaran dengan keputusan yang diambil Ford.

Dikutip dari laman motor1, Ford mengambil kebijakan untuk recall 1,5 juta Ford F-150 karena masalah keselamatan. Deretan truk pick up yang kena recall meliputi unit yang dibangun di Pabrik Perakitan Dearborn dari 28 April 2010 hingga 28 Oktober 2011 dan truk pick up yang dirakit di Pabrik Perakitan Kota Kansas dari 18 Mei - 18 November 2013.

Ford F-150 yang dirilis pada tahun 2011 dan 2013 itu diketahui mengusung sistem transmisi otomatis enam percepatan. Meski canggih, sistem transmisi tersebut bisa mengalami penurunan gigi secara tiba-tiba sampai gigi pertama. Pun dibiarkan terus menerus, hal itu tentunya dapat menyebabkan kecelakaan serius.

Ford F-150 tahun 2011. (cargurus)
Ford F-150 tahun 2011. (cargurus)

 

Apalagi bagi pengendara yang melaju dengan kecepatan tinggi. Mereka yang terlanjur berada pada kecepatan tinggi bisa kehilangan traksi dan membuat roda tidak dapat berputar cepat.

Masalah itu pun menyebabkan truk tergelincir, hilang kendali dan meningkatkan risiko kecelakaan. Untuk memperkuat keputusan, Ford pun telah mencatat ada lima kasus kecelakaan akibat masalah itu.

Ford kemudian berjanji akan mengidentifikasi kehilangan sinyal dari sensor kecepatan output transmisi yang diklaim sebagai pemicu terbesar.

Berita Terkait

Berita Terkini