Mobil

Mengungkap Asal Usul Julukan Godzilla untuk Mobil Nissan GT-R

Belum banyak yang tahu nih.

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita

Nissan GT-R R32. (Newsrom Nissan Global)
Nissan GT-R R32. (Newsrom Nissan Global)

Mobimoto.com - Panggilan atau julukan nyatanya tidak hanya tertuju pada perorangan, tapi juga mobil. Salah satu yang paling familiar, yaitu julukan Godzilla untuk mobil Nissan GT-R.

Nissan GT-R sendiri cukup populer di kalangan mobil balap. Kendaraan pabrikan Jepang tersebut sukses melegenda karena dikenal memiliki performa yang apik, apalagi setiap tahunnya selalu bersolek mempercantik penampilan.

Tapi orang kemudian bertanya-tanya, kenapa mobil tersebut bisa dijuluki Godzilla. Setelah ditelusuri, sebuah fakta kemudian terkuak.

Dikutip dari akun Facebook Happy Tuning, Nama Godzilla ternyata tidak diberikan di Jepang, tapi malah di Austalia. Kebetulan, negara itu menjadi yang petama mendapat ekspor Nissan GT-R di tahun 1980-an.

Nissan GT-R R32. (topsimages)
Nissan GT-R R32. (topsimages)

Nissan GT-R R32 tak disangka mendominasi perlombaan balap FIA Racing Grup A. Mobil itu kemudian memenangkan 29 balapan Japanese Touring Car Championship (JTCC).

Asal usul Nissan GT-R R32. (Facebook/Happy Tuning)
Asal usul Nissan GT-R R32. (Facebook/Happy Tuning)

Setelah itu, prestasi Nissan GT-R R32 makin berjaya di perlombaan balap Group A di Australia dan mampu menggeser pesoa Porsche. Melihat keistimewaan tersebut, sebuah majalah otomotif di New Zealand memberikan julukan Godzilla pada mobil itu.

Jika meruntut namanya, Godzilla adalah monster fiksi yang memiliki kekuatan besar. Tokoh tersebut populer di Amerika dan Jepang. Untuk dapur pacu, mobil mengusung mesin 2,6 liter twin-turbo straight-six yang mampu menghasilkan tenaga 276 bhp dan torsi puncak 361 Nm.

Berita Terkait

Berita Terkini