Mobil

Ternyata Mobil Tua Bangka Ini Pernah Bikin BMW Nyaris Bangkrut, Kok Bisa?

Tapi mobil tahun '50-an ini bentuknya cantik lhoo...

Dany Garjito | Cesar Uji Tawakal

BMW 503. (Silodrome.com)
BMW 503. (Silodrome.com)

Mobimoto.com - Tak lansung melejit, setiap perusahaan tentu pernah mengalami masa-masa suram. Begitu juga produsen mobil asal Jerman, BMW. Walaupun sekarang pembuat mobil ternama ini begitu melejit, ternyata dulunya BMW pernah nyaris gulung tikar, gara-gara mobil ini.

BMW 503 dan 'kembarannya' BMW 507 pernah nyaris membawa BMW menuju 'jurang' kebangkrutan. Menurut Silodrome, hal ini disebabkan karena biaya produksi yang bikin kantong perusahaan asal Jerman ini jebol. Namun terlepas dari itu, mobil ini tidak bisa dipungkiri memiliki desain yang eksotis untuk ukuran mobil tahun '50-an.

BMW 503. (Silodrome.com)
BMW 503. (Silodrome.com)

Selain berdesain cantik, mobil ini juga menggendong mesin dengan kapasitas yang lumayan besar untuk ukuran mobil di jamannya. Mobil ini menggendong mesin OHV V8 dengan kapasitas 3.168 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 140 bhp. Mobil ini uga dilengkapi mesin bertransmisi 4 percepatan manual.

Mobil ini dulunya hanya dirakit sebanyak 273 buah unit. Dan diantara mereka yang 'selamat' hingga kini, ada yang masuk situs pelelangan RM Sotheby dengan banderol mulai dari 140.000 dolar AS atau sekitar nyaris Rp.2 miliar.

Berita Terkait

Berita Terkini