Mobil

Jarang yang Tahu, Jadi Beginilah Mobil Pertama di Dunia saat Melaju

Besar, berisik dan berpolusi tinggi. Tapi bersejarah!

Dany Garjito | Cesar Uji Tawakal

Mobil pertama di dunia. (newworldencyclopedia.org)
Mobil pertama di dunia. (newworldencyclopedia.org)

Mobimoto.com - Berbeda jauh dengan teknologi mesin mobil terkini, pada mulanya mobil digerakkan dengan mesin bertenaga uap. Jangan bayangkan kalau mobil dengan mesin uap bisa melaju kencang layaknya mobil jaman sekarang, pada awalnya kendaraan satu ini hanya mampu melaju dengan kecepatan yang relatif lambat, khususnya jika dibandingkan dengan jaman sekarang.

Lahir tahun 1769, prototipe yang menjadi cikal bakal dari mobil saat ini tentu menjadi saksi bisu dalam sejarah perkembangan dunia otomotif, dan tentu saja bikin penasaran. Bagaimana sih mobil yang bernama Cugnot Steam Traction Engine ini melaju? Daripada penasaran, simak video berikut ini.

Konon kabarnya, kendaraan yang bertenagakan uap hasil pembakaran kayu pohon oak, mesin yang memiliki bobot total yang mencapai 2 ton ini mampu melaju dengan kecepatan 4,8 km/jam. Yang mana bisa di bilang, mobil ini adalah mobil tercepat di jamannya.

Mesin uap beroda tiga tersebut pada mulanya dikembangkan oleh teknisi militer asal Perancis, Nicolas-Joseph Cugnot. Lahir 25 September 1725, veteran perang yang pernah memperkuat tentara Austria ini kembali ke Perancis pada 1763 sebelum pada akhirnya memperkenalkan kendaraan mesin uap tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini