Mobil

Ini Ketersediaan Kuota Mudik Gratis Pakai Bus dari Jakarta, Yuk Gas!

Fasilitas mudik gratis dari Pemprov DKI Jakarta nih.

Angga Roni Priambodo

Bus Scania K360IB Dengan Karoseri Buatan Laksana. (Instagram/laksanabus)
Bus Scania K360IB Dengan Karoseri Buatan Laksana. (Instagram/laksanabus)

Mobimoto.com - Arus mudik Lebaran 2019 tinggal menghitung hari. Berbagai sarana transportasi, baik kendaraan pribadi maupun angkutan komersial telah disiapkan. 

Bagi para pemudik atau mudiker yang ingin menikmati fasilitas mudik gratis, atau bagi mereka yang tak berhasil mendapatkan tiket angkutan komersial di seantero Pulau Jawa, masih ada solusi. Seperti layanan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) setempat.

Petugas melayani peserta yang melakukan verifikasi pendaftaran mudik gratis bersama Jasa Raharja di Gedung Nyi Ageng Serang, Jakarta, Kamis (8/6).
Petugas melayani peserta yang melakukan verifikasi pendaftaran mudik gratis bersama Jasa Raharja di Gedung Nyi Ageng Serang, Jakarta, 2018. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Oke Atmaja].

Dikutip dari kantor berita Antara, pendaftar mudik gratis Lebaran 2019 yang diselenggarakan Pemprov DKI Jakarta melalui Dishub mencapai 11.743 kursi, serta 530 sepeda motor. Artinya, mencapai 70 persen dari total kuota yang disediakan.

"Kuota yang masih tersisa saat ini sebanyak 30 persen," demikian jelas Masdes Arouffy, Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta pada Kamis (9/5/2019).

Adapun kuota yang disediakan Pemprov DKI Jakarta adalah 16.578 kursi dan 5.560 motor bagi para pemudik untuk tujuan 10 kota di Pulau Jawa, yaitu Ciamis, Kuningan, Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, serta Jombang. Dengan sarana transportasi menggunakan 307 bus untuk mengangkut pemudik, serta 139 truk untuk mengangkut sepeda motor.

Dengan catatan bahwa tiket pulang-pergi (PP) tujuan Wonogiri, Kebumen, Pekalongan serta Yogyakarta dinyatakan telah penuh oleh Masdes Arouffy.

Ia pun memaparkan lebih lanjut bahwa segmentasi pendaftar mayoritas adalah kalangan menengah ke bawah, seperti buruh dan warga yang tinggal di rumah susun. Dan program program mudik gratis ini sendiri adalah bentuk kepedulian pemerintah DKI Jakarta terhadap warga yang memiliki keterbatasan finansial agar mereka bisa pulang kampung merayakan Lebaran.

Bagi para peminat, pendaftaran mudik gratis ini dibuka sampai 17 Mei 2019, dengan cara pendaftaran secara online melalui portal resmi mudikgratis.jakarta.go.id yang dikelola Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Sementara keberangkatan akan diawali dari Monumen Nasional, Jakarta Pusat pukul 07.00 WIB pada 30 Mei 2019, dengan penyerahan sepeda motor dilakukan dalam dua gelombang, pukul 06.00 - 11.00 WIB dan pukul 13.00-18.00 WIB. Dan lokasi balik dari terminal masing-masing daerah pukul 07.00 WIB pada 8 Juni 2019, menuju terminal Pulo Gebang, Kampung Rambutan dan Pulo Gadung.

Suara.com/RR Ukirsari Manggalani.

Berita Terkait

Berita Terkini