Mobil

Bicara Esemka di TV, Dua Blunder Fatal Menperin Ini Bikin Warganet Gemas

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melakukan dua kesalahan yang membuat dirinya jadi guyonan warganet.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Airlangga Hartarto. (Instagram/@airlanggahartarto)
Airlangga Hartarto. (Instagram/@airlanggahartarto)

Mobimoto.com - Diresmikannya Esemka pada pekan lalu membuat heboh jagat otomotif di tanah air. Sempat menimbulkan simpang siur, mobil ini akhirnya menunjukkan batang hidungnya.

Kehadiran mobil tersebut ramai dibicarakan karena banyak pihak yang terlibat, salah satunya Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Ia pun kerap menjadi narasumber terkait kemunculan mobil tersebut. Namun dalam beberapa acara di televisi, ia terlihat beberapa kali melakukan beberapa kesalahan. Apa saja itu?

Mobil Esemka. (Suara.com/Ari)
Mobil Esemka. (Suara.com/Ari)

1. Menyebut Viar dari India

Dari berbagai macam merek motor yang hadir di tanah air, Viar merupakan salah satu nama yang cukup populer, apalagi dengan produk motor beroda tiga yang kerap digunakan untuk kepentingan niaga.

Namun dalam sebuah dialog, Menperin menyebut bahwa Viar merupakan motor dari India. Hal tersebut kemudian langsung dikoreksi oleh Ridwan Hanif, seorang pengamat otomotif, bahwa motor tersebut diproduksi di Semarang, Jawa Tengah. Interview tersebut dapat disimak di sini.

2. Bingung saat menjelaskan asal mesin mobil tersebut

Tak cuma itu, Menperin juga menjawab dengan 'luput' saat ditanya mengenai asal mesin mobil Esemka.

Ditanya mengenai hal tersebut, ia malah menjawabnya dengan menyebut kapasitas mesin mobil yang notabene berkapasitas 1.200cc.

Hal tersebut dapat di simak di sini.

Berita Terkait

Berita Terkini