Mobil

Jarang yang Tahu, Ini Makna Logo JWL pada Pelek Mobil

Ternyata ini makna kode tersebut.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi Pelek Mobil. (Pexels)
Ilustrasi Pelek Mobil. (Pexels)

Mobimoto.com - Pada suku cadang kendaraan yang beredar dipasaran, terkadang tertera baik kode, nomor bahkan logo yang jarang dipahami oleh masyarakat. Begitu juga dengan logo yang satu ini.

Logo misterius ini kerap terpasang di pelek roda kendaraan, khususnya di mobil. Sekilas seperti logo tak bermakna namun ternyata arti logo tersebut cukup krusial.

Pada beberapa pelek maupun komponen kendaraan lainnya, terkadang tertera huruf yang disusun saling berhubungan, sekilas terlihat seperti tulisan 'JWL'.

Dikutip dari Intersport, ternyata logo tersebut berarti Japan Light Alloy Wheel yang merupakan standarisasi mutu dari Jepang. Logo tersebut bermakna bahwa velek tersebut telah lolos uji ketahanan sesuai standar Kementrian Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Jepang.

Logo misterius pada pelek kendaraan. (Facebook/Andi Febriyan)
Logo misterius pada pelek kendaraan. (Facebook/Andi Febriyan)

 

Ketahanan tersebut berupa keawetan pelek tersebut saat digunakan kendaraan untuk menempuh perjalanan, ketahanan berat serta ketahanan untuk menghadapi tekanan angin pada ban.

Selain logo JWL tersebut, terdapat logo VIA (Vehicle Inspection Association) yang merupakan lembaga pengujian ketahanan pelek, serta JAWA (Japanesse Alloy Wheels Association) yang juga merupakan lembaga sejenis.

Secara tidak langsung, logo tersebut juga menandakan bahwa pelek tersebut didatangkan dari Jepang.

Berita Terkait

Berita Terkini