Mobil

Pirelli Ciptakan Ban dengan Koneksi Jaringan 5G, ini Fungsinya

Pirelli mengklaim bahwa ban dengan koneksi jaringan 5G ini adalah yang pertama kali di dunia

Angga Roni Priambodo

Ilustrasi Ban Mobil Pirelli. (Unsplash)
Ilustrasi Ban Mobil Pirelli. (Unsplash)

Mobimoto.com - Produsen ban mobil asal Italia, Pirelli baru saja meluncurkan ban mobil yang bisa terkoneksi dengan jaringan 5G. Lantas, apakah guna dari ban yang bisa terkoneksi dengan jaringan 5G? Yuk, kita cari tahu.

Mengutip dari laman resmi Pirelli, pada Kamis (14/11/2019) Pirelli meresmikan ban mobil yang bisa terkoneksi dengan jaringan 5G.

Pirelli mengklaim bahwa ban dengan koneksi jaringan 5G ini adalah yang pertama kali di dunia dan diberi nama Pirelli Cyber Tire.

Tidak sendiri, Pirelli menciptakan ban ini bekerja sama dengan Audi, Ericsson, Tim, Italdesign dan KTH.

Secara sederhana, ban ciptaan Pirelli ini akan mampu terkoneksi dengan berbagai infrastruktur jalan seperti lampu lalu lintas, misalnya, yang akan memberi informasi kepada pengemudi tentang kepadatan jalan.

Ban Mobil Pirelli dengan Teknologi 5G. (Pirelli)
Ban Mobil Pirelli dengan Teknologi 5G. (Pirelli)

Selama ban masih menyentuh aspal, ban besutan Pirelli itu akan mengumpulkan informasi penting yang nanti akan mudah dibaca oleh pengemudi.

Dalam rilisan resminya, ban Pirelli Cyber Tire dilengkapi dengan sensor internal yang akan memberikan informasi ke pengemudi, berguna untuk memantau kondisi ban itu sendiri.

Contoh lain kemampuan Pirelli Cyber Tire adalah ketika kondisi jalan yang basah dan berpotensi terjadi aquaplaning. Dengan sensor tersebut, pengemudi bisa tahu bahwa ada genangan air yang kemudian bisa melambatkan laju kendaraan.

Berita Terkait

Berita Terkini