Mobil

Toyota Rush Pimpin Segmen SUV Murah, Xpander Cross Siap Menyusul

Xpander Cross berhasil menggeser posisi Daihatsu Terios.

Angga Roni Priambodo

Toyota Rush. (toyota.astra.co.id)
Toyota Rush. (toyota.astra.co.id)

Mobimoto.com - Kehadiran para pendatang baru seperti Xpander Cross dan Suzuki XL7 semakin memperketat pertarungan di segmen pasar low sport utility vehicle (LSUV) dalam negeri.

Berdasarkan data wholesales (pabrikan ke diler) Gaikindo, Toyota masih memimpin pasar SUV murah dengan total distribusi sebanyak 4.499 unit sepanjang Januari 2020.

Namun yang menarik, Xpander Cross mulai mampu menunjukkan tajinya dengan berada di posisi kedua. Produk teranyar Mitsubishi yang meluncur akhir tahun lalu ini telah terdistribusi sebanyak 2.344 unit.

Mitsubishi Xpander Cross. (mitsubishi-motors.co.id)
Mitsubishi Xpander Cross. (mitsubishi-motors.co.id)

Crossover andalan produsen berlogo tiga berlian ini mampu menggeser posisi Daihatsu Terios yang pada bulan sebelumnya menempati posisi kedua. Praktis kembaran Toyota Rush tersebut saat ini berada di posisi ketiga dengan total 1.394 unit.

Menyusul di posisi berikutnya ada Honda BR-V yang sudah terdistribusi sebanyak 302 unit. Sementara produsen otomotif asal China, DFSK ikut ambil bagian di posisi lima teratas dengan total distribusi sebanyak 73 unit melalui Glory 560.

Pelemahan pasar kendaraan roda empat di dalam negeri pada Januari 2020 rupanya tidak mempengaruhi popularitas segmen LSUV.

Dari data Gaikindo, pasar SUV murah justru mengalami pertumbuhan sebesar 29 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Padahal total pasar awal tahun ini turun 2,44 persen.

Secara volume, pada Januari 2020 segmen LSUV menyumbang angka penjualan wholesales sebanyak 8,727 unit.

Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan.

Berita Terkait

Berita Terkini