Mobil

Kelakuan Barbar Sopir Sedan Bikin Pemotor Emosi, Penggunaan Strobo Jadi Sebabnya

Nggak habis pikir dengan kelakuan sopir sedan ini?

Gagah Radhitya Widiaseno

Kelakuan sopir sedan bikin pemotor geram (Instagram)
Kelakuan sopir sedan bikin pemotor geram (Instagram)

Mobimoto.com - Beredar sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan mobil sedan melintas di jalan bikin pemotor geram. Video ini diabadikan dalam sebuah unggahan akun Instagram @majeliskopi08.

Dalam tayangan video tersebut, terlihat sebuah mobil sedan melintas di sebuah jalan yang cukup sempit. Di belakangnya terdapat sosok pemotor yang diduga mengendarai Vespa juga melintas.

Pemotor tersebut lalu menyoroti mobil sedan gegara penggunaan lampu belakang yang dirasa cukup menyilaukan mata.

Lampu belakang yang ditambah dengan strobo yang dipasang di mobil sedan tersebut membuat pemotor geram.

Pemotor dibikin geram dengan kelakuan sopir mobil sedan (Instagram)
Pemotor dibikin geram dengan kelakuan sopir mobil sedan (Instagram)

"Norak...norak...norak," ujar pemotor dalam video tersebut.

Menurut keterangan pengunggah, insiden ini terjadi di Jalan H. Abd. Gani. Cemp. Putih. Kec. Ciputat Tim, Tangerang Selatan.

Video ini mengundang reaksi dari warganet di kolom komentar.

"kenapa ga taro d dashboard trus adepin muka sendiri," tulis @dyz***.

"Norak dan banyak tingkah nya...mikirin diri sendiri...orang2 yg pingin dilihat orang di hormati tapi kelakuan yaaaaaa gitu deh," beber @fas***.

"Masa kecil kurang bahagia itu," timpal @mom***.

Dari insiden tersebut, memang penggunaan strobo pada mobil tidak boleh digunakan oleh sembarangan orang. Diketahui bahwa terdapat aturan penggunaan lampu strobo.

Berikut ini kendaraan yang diizinkan pakai lampu strobo dan aturannya berdasarkan Pasal 134 dan 135 Undang-Undang Nmor 22 Tahun 2009, kendaraan yang boleh memakai lampu strobo adalah:

  •  Ambulans yang Membawa Orang Sakit

Ambulans yang sedang membawa pasien harus segera sampai ke rumah sakit. Sirine atau lampu strobo tersebut digunakan agar masyarakat setempat memahami bahwa terdapat keadaan darurat dan pasien harus segera sampai di lokasi tujuan.

  • Kendaraan Pemadam Kebakaran

Sama halnya seperti Ambulans, Kendaraan Pemadam Kebakaran harus segera sampai ke lokasi kejadian agar api dapat segera dipadamkan. Oleh karena itu, agar masyarakat mengetahui bahwa kendaraan pemadam kebakaran sedang membutuhkan jalan agar segera sampai, penggunaan lampu strobo pun diperbolehkan.

  • Kendaraan Pemimpin Lembaga Negara

Berkaitan dengan tugas kedinasan, pemimpin lembaga negara membutuhkan waktu yang singkat selama diperjalanan. Oleh karena itu, kendaraan pemimpin lembaga negara boleh menggunakan lampu strobo.

  • Kendaraan yang Memberi Pertolongan Pada Kecelakaan Lalu Lintas

Kecelakaan lalu lintas membutuhkan aksi cepat tanggap, maka mobil atau kendaraan yang memberikan pertolongan harus segera membawa korban kecelakaan dan menolongnya. Oleh karena itulah lampu strobo boleh digunakan.

  • Kendaraan Pimpinan dan Pejabat Negara Luar/Asing dan Lembaga Internasional yang Datang ke Indonesia

Kendaraan lain yang boleh menggunakan lampu strobo adalah kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional. Ketiga kategori tersebut diperbolehkan menggunakan lampu strobo.

  • Mobil Pengantar Jenazah

Selain itu, mobil pengantar jenazah juga boleh menggunakan lampu strobo. Alasannya yakni agar segera dapat dimakamkan.

  • Konvoi Kendaraan Tertentu Berdasarkan Pertimbangan Kepolisian RI

Lampu strobo boleh digunakan oleh kendaraan yang melakukan konvoi. Namun tidak boleh sembarang kendaraan karena harus ada pertimbangan dari Kepolisian RI.

Warna lampu sirine juga memiliki beragam tujuan. Lampu strobo biru dan sirine untuk Polri. Lampu strobo merah dan sirine untuk kendaraan Tahanan, Pengawal TNI, Pemadam Kebakaran, Ambulan, PMI, Jenazah, dll.

Sementara itu, lampu kuning untuk kendaraan bermotor atau mobil patroli di jalan tol. Demikian kendaraan yang diizinkan pakai lampu strobo dan aturannya.

Berita Terkait

Berita Terkini