Mobil

Matikan Motor Matic Pakai Standar Samping? Waspada Dampak Buruknya!

Matikan motor matic dengan standar samping memang praktis, tapi hati-hati! Kebiasaan ini dapat menyebabkan aki cepat soak

Gagah Radhitya Widiaseno

Standar motor [Federal Oil]
Standar motor [Federal Oil]

Mobimoto.com - Bagi pengguna motor matic, fitur mematikan mesin dengan standar samping tentu tak asing lagi. Praktis dan mudah, fitur ini membantu Anda mematikan mesin tanpa perlu repot memutar kunci. Tapi, tahukah Anda bahwa kebiasaan ini ternyata menyimpan bahaya tersembunyi?

Bahaya Tersembunyi di Balik Kemudahan

Di balik kemudahannya, mematikan motor matic dengan standar samping secara terus-menerus dapat membawa dampak buruk, lho! Salah satunya adalah aki yang cepat soak.

Mengapa Aki Cepat Soak?

Saat mematikan mesin dengan standar samping, komponen kelistrikan seperti lampu dan speedometer masih tetap menyala. Hal ini berbeda dengan mematikan mesin melalui kunci kontak, di mana seluruh komponen kelistrikan akan mati.

Akibatnya, aki terus menerus dipaksa bekerja untuk menyuplai arus listrik ke komponen-komponen tersebut. Tanpa adanya pengisian ulang dari putaran mesin, aki lama-kelamaan akan lemah dan soak.

Cara Tepat Matikan Motor Matic

Untuk menghindari aki soak dan menjaga performa motor matic Anda, biasakan mematikan mesin dengan cara yang benar:

  • Putar kunci kontak ke posisi "OFF".
  • Tunggu beberapa detik. Hal ini memastikan seluruh komponen kelistrikan telah mati sempurna.
  • Turunkan standar samping.

Berita Terkait

Berita Terkini

Mobil

Kijang Innova: Raja Jalanan Indonesia

Kijang Innova, mobil keluarga andalan di Indonesia, dikenal dengan kehandalan, ketangguhan, dan desainnya yang elegan. Kepopulerannya tidak lepas dari faktor-faktor seperti harga yang kompetitif, fitur yang lengkap, layanan purna jual yang memuaskan.

Mobil

Kenapa Toyota Avanza Sering Dicuri? Ini Alasannya!

Toyota Avanza, mobil keluarga yang populer di Indonesia, ternyata memiliki angka pencurian yang tinggi. Simak alasan mengapa Avanza menjadi target empuk para pencuri dan bagaimana cara mencegahnya.

Mobil

Kenapa Bugatti La Voiture Noire Sangat Mahal?

Bugatti La Voiture Noire, mobil super dengan desain elegan terinspirasi klasik, performa monster 1.500 hp, dan material terbaik, menjadikannya simbol kemewahan dan kelangkaan otomotif dengan harga fantastis Rp 282,3 miliar