Tips

Yang Perlu Diketahui Sebelum Beli Vespa 2 Tak Bekas

Vespa yang merupakan barang 'lawas' tentu saja membutuhkan kehati-hatian ekstra.

Agung Pratnyawan | Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi Vespa. (vespa.com)
Ilustrasi Vespa. (vespa.com)

Mobimoto.com - Vespa, merupakan motor asal Italia yang sudah melegenda di Tanah Air. Dulu banyak bertebaran Vespa 2 tak, namun kini tergantikan skuter matic.

Dikenal sebagai motor antik dan awet, Vespa-Vespa jadul sering kali dirawat dan direstorasi untuk dikoleksi maupun jadi tunggangan harian.

Tertarik membeli Vespa bekas? Berikut adalah beberapa tips memilih Vespa bekas 2 tak.

1. Cek Kondisi Fisik

Vespa PX 150. (Vespa.com.au)
Vespa PX 150. (Vespa.com.au)

 

Selain mulus-tidaknya kondisi dari Vespa, penting untuk mengecek kondisi kaki-kaki Vespa. Hal ini dilakukan agar untuk mengetahui apakah Vespa tersebut masih 'balance' dan tidak oleng ke kanan atau ke kiri.

Vespa 2 tak yang masih bagus tentu akan stabil dan tidak oleng saat digunakan. Untuk mengetahuinya, coba saja dinaiki dan rasakan bagaimana kondisinya.

2. Perhatikan Kondisi Komponen

Ilustrasi bodi Vespa (kaskus.id)
Ilustrasi bodi Vespa (kaskus.id)

 

Setelah memastikan kondisi kaki-kaki, lalu periksa komponennya, misal setang, dan body motor. Komponen Vespa 2 tak yang asli tentu akan lebih mahal dibandingkan komponen subtitusi. Bahkan jika komponen tersebut agak keropos.

3. Periksa Rangka dan Mesin

Ilustrasi nomor mesin. (kaskus.id)
Ilustrasi nomor mesin. (kaskus.id)

 

Untuk lebih spesifik, lebih tepatnya periksa nomer rangka dan nomor mesin. Nomor rangka dan mesin harus sama, jika nomernya nomor 'tambalan' atau beda, Vespa itu bisa jadi hasil restorasi dari berbagai komponen yang terpisah. Dan dalam beberapa kasus, ilegal.

4. Periksa Kondisi Mesin.

Ilustrasi mesin Vespa (archive.kaskus.id)
Ilustrasi mesin Vespa (archive.kaskus.id)

 

Adalah penting untuk mengetahui kondisi mesin sebelum 'deal' dengan penjual. Perhatikan bagian mesin Vespa 2 tak, apakah masih bagus atau tidak. Perhatikan khususnya pada sistem rotary karburator. Karena jika komponen ini mengalami kebocoran yang tidak lazim, biasanya performanya sudah tidak oke.

Itulah tadi beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan membeli Vespa 2 tak bekas.

Berita Terkait

Berita Terkini