Tips

Ingin Beli Helm? Kenali Jenis dan Fungsinya

Tiap helm memiliki peruntukannya masing-masing.

Rendy Adrikni Sadikin | Cesar Uji Tawakal

Setiap helm punya fungsi masing-masing. (pixabay.com)
Setiap helm punya fungsi masing-masing. (pixabay.com)

Mobimoto.com - Helm merupakan perlengkapan yang wajib digunakan saat menaiki sepeda motor. Selain karena agar tidak kena tilang, helm memiliki fungsi penting sebagai pelindung di kepala. Selain itu menggunakan helm mencegah mata agar tidak kemasukan debu.

Menurut jenisnya, ada tiga jenis helm yang sering kita jumpai di pasaran. Apa saja itu dan apa bedanya?

1. Helm Half Face 

Selalu Gunakan Helm/pexels.com
Ilustrasi helm half face. (pexels.com)

 

Helm half face adalah helm yang memiliki perlindungan pada bagian tempurung kepala namun pada bagian bagian wajah hanya terlindung kaca (bahkan pada beberapa model, tidak terlindung sama sekali). Helm ini mengutamakan kepraktisan.

Helm ini mudah digunakan dan dilepaskan sehinga enak untuk penggunaan sehari-hari, misalnya untuk berangkat kerja, belanja, dan lain-lain. Helm jenis ini lebih baik digunakan pada perjalanan dengan kecepatan rendah saja, mengingat kurangya perlindungan pada bagian wajah.

2. Helm Full Face

Helm edisi spesial Star Wars. (hjchelmets.com/starwars)
Ilustrasi helm full face. (hjchelmets.com/starwars)

 

Beda dengan sebelumnya, helm ini memiliki proteksi menyeluruh pada kepala. Karena hal itu, helm ini lebih cocok untuk berpergian jarak jauh ataupun berkendara dengan kecepatan tinggi. Tak heran jika semua pembalap menggunakan jenis helm ini. Namun helm ini mempunyai kelemahan, yakni penggunaannya yang tidak praktis alias ribet. Alhasil kurang nyaman jika digunakan untuk perjalanan jarak dekat atau keperluan sehari-hari.

3. Helm Modular

Helm Modular Nolan N104 EVO yang Digunakan Paspampres. (nolan-usa.com)
Helm Modular Nolan N104 EVO yang Digunakan Paspampres. (nolan-usa.com)

 

Helm ini merupakan gabungan konsep antara helm half face dan full face. Helm jenis ini memiliki bentuk yang mirip dengan helm full face, namun memiliki kepraktisan yang setara helm half face.

Berita Terkait

Berita Terkini