Mobil

Miris! Kondisi Darurat, Warga Malah Tak Beri Jalan Buat Damkar

Bukannya membuka ruang, warga malah asyik 'nonton'.

Rendy Adrikni Sadikin | Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi Truk Damkar. (youtube.com)
Ilustrasi Truk Damkar. (youtube.com)

Mobimoto.com - Di Indonesia, masih perlu dilakukan sosialisasi mengenai kesadaran mengenai kendaraan darurat. Kendaraan-kendaraan ini seharusnya diberi prioritas untuk melintas, terutama jika sirine sedang menyala, yang mana berarti sedang terjadi situasi darurat.

Di beberapa daerah bukannya memberi 'jalan', masyarakat kadang cuek dan tidak menghiraukan kehadiran kendaraan darurat ini. Hal ini tentu membuat kendaraan darurat terhambat untuk sampai ke tujuan. Keterlambatan ini hasilnyapun bisa fatal.

Seperti video yang sedang viral ini. Diunggah oleh akun Facebook bernama Dimas Ardiansyah di grup Motuba (14/9), video ini memperlihatkan kondisi lalu lintas saat sebuah truk pemadam kebakaran melintas. Kejadian ini terjadi di Kendal.

Di video ini, tampak warga malah enggan memberi jalan padahal truk pemadam kebakarnnya sedang terburu-buru. Saat melintas, banyak warga yang membantu mengosongkan jalan, namun tetap saja perjalanan si truk Damkar ini terhambat.

Video ini pun menuai banyak komentar dari warganet. Beragam reaksipun terlihat di kolom komentar.

Salah satunya, akun bernama Bambang Dwi haryanto berkomentar ''Semprot ae jane mbah.'' atau dalam bahasa Indonesia, ''Semprot saja mbah!''.

Tak hanya Bambang, Fadil Hutomo juga berkomentar. ''Kebakaran ditonton. Welkam tu indonesia'' ujarnya.

Sepertinya, masyarakat Indonesia masih perlu sosialisasi mengenai memberi jalan untuk kendaraan darurat, misalnya truk Damkar.

Berita Terkait

Berita Terkini