Mobil

Tidak Sendirian, Ternyata Para Produsen Mobil Ini Satu Geng!

Banyak produsen mobil 'merger' di bawah satu bendera, agar lebih kuat bersaing!

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi mobil. (autoexpress.com)
Ilustrasi mobil. (autoexpress.com)

Mobimoto.com - Industri otomotif memang keras. Banyak perusahaan yang gulung tikar lantaran tidak kuat menghadapi ketatnya persaingan. Karena itulah beberapa perusahaan yang masih ada memutar otak, memikirkan bagaimana cara untuk tetap bersaing dan makin menjadi kuat.

Seperti istilah ''musuh dari musuhku adalah temanku'', beberapa dari mereka mendirikan 'kongsi dagang' alias beraliansi. Mulai dari berbagai bentuk kerja sama, hingga menjadi 'merger' alias bergabung dibawah naungan yang sama.

Untuk itu, menarik untuk menyimak siapa sih geng-geng itu? Mari simak ulasan berikut ini.

1. Trio Nissan-Mitsubishi-Renault. 

Mitsubishi Xpander/autodeal.com.ph
Ilustrasi produk Mitsubishi/autodeal.com.ph

Diproduksinya mesin Mitsubishi Xpander oleh Nissan menjadi bukti kerjasama solid dari trio ini. Ditambah dengan adanya pabrikan mobil asal Perancis, Renault. Trio ini pernah melejit menjadi produsen mobil terlaris di dunia, menggeser VW dan Toyota.

2. Toyota and the gank. 

Toyota C-HR. (toyota.astra.co.id)
Ilustrasi produk Toyota. (toyota.astra.co.id)

Produsen mobil Toyota sebenarnya memiliki koalisi yang cukup gemuk untuk mengimbangi tekanan dari produsen mobil mancanegara lainnya. Aliansi mereka terdiri dari Toyota sendiri, Daihatsu, Hino, Lexus dan Scion. Cukup ramai kan? tak heran mereka sempat dominan dan masih menjadi salah satu kekuatan industri otomotif terbesar di dunia.

 

Berita Terkait

Berita Terkini