Mobil

15 Tahun Mengaspal, Berikut Perjalanan Mobil Sejuta Umat Avanza

Mobil sejuta umat ini sudah mengaspal 15 tahun lho, simak perjalanannya.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Avanza
Avanza

Mobimoto.com - Lima belas tahun sudah mobil kelas LMPV dari Toyota ini mengaspal. Mobil ini merupakan produk 'joinan' antara dua perusahaan, yakni Toyota dan Daihatsu yang saat ini sama-sama dalam naungan perusahaan PT Astra. Tak heran Daihatsu-pun juga mengeluarkan 'kembarannya' yang bernama Xenia.

Toyota Avanza, mobil yang dirilis 2003 di ajang Gaikindo Auto Expo ini pertama kali dirilis dalam dua varian. Varian tersebut adalah Avanza 1,3 E dan Avanza 1,3 G.

Selain di Indonesia, mobil ini juga dijual di Malaysia dengan mendatangkan dari Indonesia. Pada mulanya, malaysia mengimpor mobil ini dengan secara terurai atau completely knocked down (CKD). Namun setelah generasi kedua dari Avanza, Malaysia mendatangkannya secara utuh.

Sampai saat ini, Toyota telah memroduksi mobil ini hingga mencapai generasi ketiga. Bagaimana sepak terjangnya semenjak pertama kali dirilis? Berikut perjalanan mobil sejuta umat ini dari generasi ke generasi.

Toyota Avanza generasi pertama. (kaskus.co.id)
Toyota Avanza generasi pertama. (kaskus.co.id)

1. Generasi Pertama

Pada generasi pertama mobil ini dirilis dalam dua varian, yakni 1.3 E dan 1.3 G. Mobil ini memiliki kapasitas mesin sebesar 1300 cc dan transmisi manual 5 percepatan.

Tipe E merupakan varian 'paling ekonomis' dari Toyota Avanza. Berbeda dengan tipe G, tipe E memiliki fitur yang lebih minim. Misalkan pelek standar, AC tanpa double blower, dan juga spion plastik.

Sementara Avanza tipe G memiliki beberapa perbedaan dibanding tipe E, beberapa diantaranya adalah bentuk pelek yang berbeda, lalu AC double blower dan banyak fitur lainnya.

 

Berita Terkait

Berita Terkini