Mobil

Modal Rp 150 juta, Avanza Lama atau Calya? Ini Perbandingannya

Mobil ini dipilih karena melihat kepopulerannya dibanding mobil merek dan tipe lain.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Toyota Calya. (toyota.astra.co.id)
Toyota Calya. (toyota.astra.co.id)

1. Mesin

Mesin Avanza. (toyota.astra.co.id)
Mesin Avanza. (toyota.astra.co.id)

 

Untuk mesin, Toyota Calya dilengkapi dengan mesin 1.197 cc 16 Valve DOHC Dual VVT-i dengan konfigurasi 4 silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 88 Ps dan torsi sebesar 11 Kgm. Dan mesin transmisi otomatis 4 percepatan tentunya.

Sementara untuk Toyota Avanza, mereka dibekali mesin 4 silinder segaris 1.329 cc DOHC 16 Valve dengan Dual VVT-i juga. Untuk tenaga, mobil ini tentu menghasilkan tenaga yang lebih besar yakni 96,5 Ps dan torsi sebesar 12,3 Kgm. Untuk transmisi, 5 percepatan untuk versi manual dan 4 percepatan untuk versi otomatis Kelihatan kan siapa yang unggul?

2. Keamanan

Anti Brakelock-System. (toyota.astra.co.id)
Anti-Lock Braking System. (toyota.astra.co.id)

Untuk masalah keamanan, Calya dilengkapi dengan kunci Immobilizer Anti Theft System. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi Dual SRS Airbag, 3 Point Seatbelt, Rear Parking Sensor dan Anti-Lock Braking System (ABS).

Untuk Avanza, kunci Immobilizer hanya tersemat pada 'G' series. Lalu, mobil ini dilengkapi Front Passenger Seat Belt Warning, Seat Belt with Pretensioner & Force Limiter, Side Impact Beam dan juga ABS
(Anti-lock Braking System).

Dalam urusan keamanan, Avanza hanya menang dengan Side Beam Impact, sementara Calya unggul dengan Air Bag-nya.

3. Kenyamanan

Kursi di mobil Toyota Calya. (toyota.astra.co.id)
Kursi di mobil Toyota Calya. (toyota.astra.co.id)

Kedua mobil ini punya banyak kesamaan, selain sama-sama berkapasitas 7 penumpang dengan kursi yang ada 'head rest'-nya, mobil ini juga dilengkapi tuas pengatur kursi. Yang berbeda adalah pada Avanza terdapat peredam kabin yang membuat suasana berkendara lebih senyap, selain itu Avanza juga dilengkapi suspensi yang lebih nyaman, menurut klaim dari situs resmi Toyota.

Itulah perbandingan mengenai dua mobil ini. Jadi, anda ikut 'tim beli baru' atau 'tim bekas saja' nih?

Berita Terkait

Berita Terkini