Mobil

Wajib Tahu, Bersiap Hadapi Aquaplaning di Musim Hujan

Apa sih aquaplaning itu?

Dany Garjito | Praba Mustika

Mengendarai Mobil Saat Hujan. (pixabay.com)
Mengendarai Mobil Saat Hujan. (pixabay.com)

Mobimoto.com - Di musim hujan seperti ini, pengguna kendaraan baik motor maupun mobil harus sedikit mengubah kebiasan guna mengantisipasi terjadinya aquaplaning atau hydroplaning. Nah, kamu sudah tahu belum apa itu aquaplaning? Yuk, cari tahu bareng MobiMoto.com.

Apa sih, Aquaplaning atau Hydroplaning?

Ilustrasi Ban yang Mengalami Aquaplaning. (American Learnign Library)
Ilustrasi Ban yang Mengalami Aquaplaning. (American Learnign Library)

Singkatnya, aquaplaning merupakan kondisi di mana ban dan permukaan jalan kehilangan daya cengkeram yang menyebabkan menurunnya traksi. Hal ini tentu akan membuat kendaraan lebih sulit untuk dikendalikan, melakukan pengereman ataupun berakselerasi.

Kesulitan dalam mengendalikan kendaraan bisa diperparah apabila kondisi ban yang buruk, intensitas hujan yang deras hingga kondisi permukaan jalan yang juga kurang baik.

Caranya Menghadapi Aquaplaning Saat Berjalan?

Ilustrasi Aquaplaning atau Hydroplaning. (Driver Start)
Ilustrasi Aquaplaning atau Hydroplaning. (Driver Start)

Pertama, hindari melakukan pengereman secara mendadak dan menginjak pedal rem terlalu dalam. Lalu lepaskan pedal gas secara perlahan.

Pastikan juga kamu menggenggam kemudi dengan cukup kuat tapi tidak kaku ya, Sob. Ketika mobil sudah mulai bisa dikendalikan seperti biasa, injak pedal rem sedikit lebih dalam lagi.

Sebagai tambahan nih, Sob. Rajin-rajinlah memeriksa kondisi kendaraan terutama ban di musim hujan seperti ini. Selain itu, saat di permukaan jalan yang basah, hindari mengemudi dengan kecepatan tinggi dan jangan panik ketika mengalami aquaplaning.

Nah, sekarang kamu udah lebih tahu tentang aquaplaning atau hydroplaning kan, Sob?

Berita Terkait

Berita Terkini