Mobil

Unik, 5 Produsen Mobil Ini Awalnya Malah Tidak Bikin Mobil

Ada produsen mobil yang awalnya malah membuat mesin kopi dan mesin tenun, lho.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

Ilsutrasi Produksi Mobil. (GM Authority)
Ilsutrasi Produksi Mobil. (GM Authority)

Mobimoto.com - Produsen mobil seperti Toyota, Hyundai atau Opel tentu bukan lagi merek yang asing di telinga masyarakat Indonesia. Tidak sekadar mengembangkan mobil, produsen mobil-mobil tersebut juga turut andil dalam perkembangan teknologi di dunia otomotif. Tapi siapa yang sangka, kalau ada 5 produsen mobil yang awal mulanya malah tidak bikin mobil.

Jangankan membuat mobil, saat pertama kali berdiri saja, 5 produsen mobil ini benar-benar tidak memproduksi mesin apapun, Sob. Penasaran kan, siapa saja sih 5 produsen mobil yang dimaksud?

1. Opel

Opel (GM Authority)
Opel (GM Authority)

Produsen mobil yang berpusat di Ruesselsheim, Hesse, Jerman ini dikenal sebagai salah satu produsen mobil tertua di dunia, lho. Perusahaa dengan nama lengkap Adam Opel AG, perusahaan ini didirikan pada 1862, tapi baru benar-benar memproduksi mobil sejak 1899.

Awalnya, Adam Opel sang pendiri perusahaan malah memproduksi mesin jahit, lho. Bahkan Opel terbilang cukup sukses dalam memproduksi mesin jahit. Bisnisnya berkembang, Adam Opel pun mulai memproduksi dan menjual sepeda kayuh. Opel, baru benar-benar memproduksi mobil setelah menjalin kerja sama dengan seorang penemu bernama Friedrich Lutzmann.

2. Peugeot

Mesin Kopi Buatan Peugeot. (Know Your Grinder)
Mesin Kopi Buatan Peugeot. (Know Your Grinder)

Produsen mobil asal Perancis ini memang tidak begitu banyak terlihat di jalanan Indonesia. Tapi nggak sedikit juga yang menggemari, lho. Didirikan pada 1810, Peugeot awalnya benar-benar jauh dari dunia industri mobil.

Perusahaan yang berbasis di Sochaux, Perancis ini pada awalnya malah menjual mesin kopi, penggiling lada dan penggiling garam. Iya, Sob, Peugeot awalnya membuat dan menjual perlengkapan dapur.

Peugeot juga pernah melebarkan bisnisnya dengan menjual produk olahan dari baja seperti mata pisau, roda kawat hingga kerangka payung. Tidak hanya itu, merek mobil yang cukup sulit diucapkan oleh orang Indonesia ini, juga sempat menjadi produsen sepeda hingga produsen senjata (pada perang duia pertama).

3. Hyundai

Hyundai. (Vogel Italia)
Hyundai. (Vogel Italia)

Merek mobil Hyundai, memang berada di bawah Hyundai Group, yang pada mulanya merupakan perusahaan konstruksi. Sebelum membuat mobil, Hyundai membuat material untuk membangun gedung berikut infrastrukturnya. Selain itu, perusahaan asal Korea Selatan ini juga dikenal sebagai pembuat barang-barang elektronik.

Berita Terkait

Berita Terkini

Mobil

Kenapa Toyota Avanza Sering Dicuri? Ini Alasannya!

Toyota Avanza, mobil keluarga yang populer di Indonesia, ternyata memiliki angka pencurian yang tinggi. Simak alasan mengapa Avanza menjadi target empuk para pencuri dan bagaimana cara mencegahnya.

Mobil

Kenapa Bugatti La Voiture Noire Sangat Mahal?

Bugatti La Voiture Noire, mobil super dengan desain elegan terinspirasi klasik, performa monster 1.500 hp, dan material terbaik, menjadikannya simbol kemewahan dan kelangkaan otomotif dengan harga fantastis Rp 282,3 miliar