Mobil

Beberapa Hal yang Wajib Kamu Tahu Tentang Nissan Livina Terbaru

Mungkin saat ini banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang generasi terbaru dari Nissan Livina.

Angga Roni Priambodo

Nissan Livina. (Carmudi.co.id)
Nissan Livina. (Carmudi.co.id)

Mobimoto.com - Mungkin saat ini banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang generasi terbaru dari Nissan Livina. Padahal, beberapa waktu lalu PT Nissan Motor Indonesia (NMI) resmi merilis All New Livina. All New Livina ini menjadi generasi penerus dari Livina yang sudah ada sebelumnya. Lantas, apa saja perubahan pada model barunya ini?

Nah, kami akan memberikan pandangan mengenai hal-hal yang wajib kamu tahu mengenai All New Nissan Livina ini. Hal yang pertama adalah desain yang baru. Nissan All New Livina ini mengusung konsep Nissan Intelligent Mobility yang menjadi gaya bahasa desain terbaru Nissan global. Tampilannya memang menyerupai Xpander, tetapi berbeda di bagian bumper depan dan belakangnya.

Nissan Livina. (Carmudi.com)
Nissan Livina. (Carmudi.co.id)

Sisanya, sama persis. Mulai dari interior, beberapa fitur hingga mesinnya pun benar-benar sama dengan Mitsubishi Xpander. Yang kedua adalah eksterior yang lebih segar. Sebagai mobil yang bermain di segmen LMPV, Nissan Livina baru ini punya desain kekinian dan cukup agresif untuk dipandang. Banyak lekuk tajam yang tersebar di beberapa bagian bodinya. Lekuk tajam ini memberi karakter yang cukup kuat.

Wajah dari Livina baru ini menggunakan gril V-Motion, dengan garis serupa huruf V yang dilapis krom. Lampu depan mobil ini sudah menggunakan LED dan DRL sebagai standard. Lampunya benar-benar menyerupai Xpander, hanya saja menurut kami model pada Livina terlihat lebih menawan dan cukup keren ketimbang Xpander. Sedikit turun ke bawah bagian bumper Livina ini terlihat lebih dinamis berkat bentuk sudut panah pada bagian samping dalam lampu utamanya. Kaki-kaki pada Livina kini menggunakan velg 16 inchi dengan motif two-tone machining. Velg ini membuat Livina menjadi lebih mewah.

Hal ketiga adalah interior yang cukup oke. Jika melihat bagian dalamnya, Anda akan merasa jika interior Livina mirip sekali dengan kepunyaan Xpander. Ya, memang benar-benar sama. Hanya terdapat sedikit perbedaan saja kok. Livina dinilai mempunyai kabin yang lebih leluasa dan nyaman dengan nuansa premium untuk varian tertingginya, tipe VL. Tipe VL ini juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih sebagai penanda mobil kekinian.

Nissan Livina. (Carmudi.com)
Nissan Livina. (Carmudi.co.id)

Hal ke empat adalah mesin yang sama. Seperti yang sudah dijelaskan di awal, mobil ini menggunakan mesin yang sama dengan Mitsubishi Xpander. Benar-benar sama dan tak ada perbedaan. Nissan All New Livina ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1.449 cc, 4 silinder, DOHC yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 102 hp dengan torsi 141 Nm. Dapur pacu ini dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Sayangnya, Livina tidak dibekali sistem CVT, tetapi mereka menggunakan Variable-valve Timing Control (VTC). Hal kelima adalah tak ada cruise control. Sebagai perbandingan, Mitsubishi Xpander tipe tertinggi atau termahal sudah dibekali dengan cruise control. Nissan menganggap jika fitur tersebut sebenarnya kurang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

Maka sebagai gantinya Nissan memberikan fitur Hill Start Assist, Vehicle Dynamic Control dan Traction Control yang meningkatkan rasa percaya diri saat berkendara. Hal ke enam adalah head unit yang baru. Nissan menanamkan head unit baru pada Livina terbaru ini. Head unit ini mampu terkoneksi ke ponsel pintar penumpang (Apple Car Play dan Android Auto). Kabinnya kini disebut lebih senyap, karena didukung enam buah speaker, AC manual, dan power outlet 12 V di setiap barisnya.

Untuk harganya sendiri, Nissan memang membanderol Livina terbaru ini dengan harga yang lebih mahal dibanding dengan saudaranya, Xpander. Berikut harga lengkap Nissan Livina terbaru 2019.  Klik disini!

Berita Terkait

Berita Terkini