Mobil

Beda Kelas, Ini Perbandingan Mobil Presiden dan Mobil Para Menteri

Perbandingan fitur Mercedes-Benz S600 Guard dengan Toyota Crown.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

Toyota Crown 2.5 HV G-Execuctive yang akan menjadi mobil dinas para menteri Jokowi. [Toyota Newsroom]
Toyota Crown 2.5 HV G-Execuctive yang akan menjadi mobil dinas para menteri Jokowi. [Toyota Newsroom]

Mobimoto.com - Presiden Joko Widodo telah menunjuk dan melantik para menteri Kabinet Indonesia Maju. Satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari presiden dan menteri adalah kendaraan dinasnya. Jika Presiden Jokowi mendapat Mercedes-Benz S600 Guard, para menteri juga mendapat mobil dinas, yaitu Toyota Crown. Hadir di dua kelas yang berbeda, yuk kita lihat perbandingan keduanya.

Mercedes-Benz S600 Guard dipilih oleh Kementerian Sekertarian Negara, untuk menggantikan mobil dinas yang lama.

Tentu bukan varian biasa, yang digunakan untuk mobil dinas kepresidenan Republik Indonesia ini. Mercedes-Benz S600 Guard dilengkapi dengan beragam fitur keamanan dan kenyamanan.

Fitur keamanan tentu tidak bisa disepelekan, mengingat mobil tersebut akan sering digunakan oleh kepala negara.

Tak heran kalau Mercedes-Benz S600 Guard sudah dilengkapi dengan standar keamanan VR10 dan ERV 2010, yang membuat mobil tahan tembakan senapan serbu, dan menahan ledakan bom.

Mercedes-Benz S600 Guard yang akan menjadi mobil Presiden Jokowi. [daimler.com]
Mercedes-Benz S600 Guard yang akan menjadi mobil Presiden Jokowi. [daimler.com]

 

Lebih lanjut lagi, Mercedes-Benz S600 Guard menggunakan kerangka bodi berlapis baja, menggunakan ban jenis run-flat Michelin yang bisa melaju terus sampai jarak 60 kilometer tanpa udara.

Mercy, menyematkan mesin V12 Twin Turbo berkapasitas 6 liter. Tenaganya sendiri diklaim menyentuh angka 53j daya kuda dan torsi 830 Nm.

Fitur keamanan juga disematkan di tangki bahan bakar berkapasitas 90 liter-nya, yaitu berupa sistem pemadam kebakaran otomatis.

Sebuah Mercedes-Benz dengan fitur keamanan tingkat tinggi tentu tidak dibanderol murah. Diperkirakan, Mercedes-Benz S600 Guard dibanderol dengan harga Rp 10 miliaran.

Berita Terkait

Berita Terkini