Motor

Ini Dia Motor 4-Tak Pertama Yamaha, Belum Banyak Yang Tahu Nih

Motor legendaris ini jadi tonggak kebangkitan Yamaha di ranah 4-tak.

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita

Yamaha XS-1. (global.yamaha-motor.com)
Yamaha XS-1. (global.yamaha-motor.com)

Mobimoto.com - Kalau kata Bung Karno kita tidak boleh 'Jasmerah' alias Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah. Seperti halnya dengan mengingat motor 4-tak pertama buatan Yamaha yang belum banyak diketahui orang.

Ya, produsen otomotif yang terkenal dengan simbol 3 garpu tala itu memiliki Yamaha XS-1 sebagai motor 4-tak pertama dari perusahaan tersebut. Motor itu diperkenalkan pertama kali pada tahun 1968  dan banyak orang yang menyebutnya dengan Yamaha XS 650.

Menilik sejarah, Yamaha XS-1 menjadi penerus dari Yamaha YA-1 yang dikenal sebagai motor 2-tak pertama yang dipamerkan perusahaan di tahun 1955. Untuk desain dan jeroan Yamaha XS-1 konon terinspirasi dari sederet merek seperti Triumph, BSA dan Horex.

Beralih ke jeroan, motor itu ditenagai oleh mesin 654 cc, SOHC, berpendingin udara, transmisi 5-percepatan dan dua katup per silinder. Berkat kombinasi tersebut, Yamaha XS-1 dapat memuncratkan tenaga 50 HP, torsi puncak 54 Nm dan kecepatan maksimal mencapai 169 km/jam.

Yamaha XS-1. (MotoTribe.com)
Yamaha XS-1. (MotoTribe.com)

Kehadiran Yamaha XS-1 di akhir tahun 1960-an pun disambut positif oleh penggemar otomotif. Mereka menyukai motor itu karena memiliki kekuatan bagus, tampilan keren dan kecepatan tinggi.

Tapi demi mengikuti kebutuhan pasar, Yamaha XS-1 kemudian digantikan oleh Yamaha XS-1B ditahun 1971 dan Yamaha XS-2 di tahun 1972 yang didukung fitur pengereman cakram.

Berita Terkait

Berita Terkini