Tips

Oli Berubah Jadi Hitam Apa Harus Diganti? Ini Dia Jawabannya

Jangan buru-buru ganti oli ketika sudah berubah warna jadi hitam

Angga Roni Priambodo | Gagah Radhitya Widiaseno

Ilustrasi Oli mesin dan oli gardan
Ilustrasi Oli mesin dan oli gardan

Mobimoto.com - Di saat kondisi seperti ini, mungkin kalian bisa memanfaatkan waktu untuk aktivitas positif salah satunya merawat kendaraan kalian.

Perawatan mulai dari mencuci bodi kendaraan atau bahkan cek kondisi oli mesin. Tak perlu harus ke bengkel untuk melakukan hal tersebut.

Oli mesin kadang memang kurang diperhatikan beberapa pengguna kendaraan. Padahal hal ini sangat penting untuk menjaga agar mesin kendaraan tetap awet.

Biasanya, oli atau pelumas yang belum lama diganti warnanya masih cenderung cokelat atau bening. Namun, jika sudah pemakaian cukup lama kurang lebih 1 bulan maka warna berubah menjadi hitam.

Periksa Kondisi Oli Mesin. (pexels)
Periksa Kondisi Oli Mesin. (pexels)

Lantas, apakah oli yang berwarna hitam pertanda bahwa sudah saatnya dilakukan pergantian?

Dilansir dari Torque, warna oli bukan menjadi patokan apakah cairan tersebut sudah tidak layak untuk digunakan. Warna hitam didapatkan dari panas dan hasil pembakaran mesin.

Ketika mesin bekerja, oli akan melumasi bagian yang bergesekan. Hal itu menimbulkan panas, sehingga warna berubah menjadi cokelat.

Lalu, ada zat karbon sisa pembakaran mesin yang berukuran kecil dan diserap oleh pelumas, membuat warnanya berubah menjadi hitam. Hal ini tak lantas untuk oli harus cepat-cepat diganti.

Jadi, jangan buru-buru mengganti oli yang sudah berubah warnanya. Waktu yang tepat untuk mengganti oli, yakni sesuai dengan anjuran dari produsen oli atau pabrikan kendaraan.

Berita Terkait

Berita Terkini