Events

Kalau Teknologinya Kayak Gini, Berapa Harga Motor MotoGP Ya?

Motor yang dipakai di ajang balap sekelas MotoGP tentu saja bukan motor sembarangan. Karena mesin dan teknologi yang tidak dipakai di motor yang dijual bebas di pasaran.

Agung Pratnyawan | Praba Mustika

MotoGP/pixabay.com
MotoGP/pixabay.com

Mobimoto.com - Sudah delapan seri yang dilalui oleh para pembalap MotoGP dan tanggal 15 Juli nanti akan masuk seri kesembilan yang akan diadakan di sirkuit Sachsenring, Jerman.

Marc Marquez yang menjadi joki Repsol Honda Team masih memimpin klasemen sementara dengan 140 poin disusul oleh duo dari Movistar Yamaha MotoGP, Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Dibalik keseruan nama-nama pembalap dan timnya itu, kamu tahu gak sih seberapa rumitnya motor-motor dengan kecepatan super itu dibuat?

Mobimoto mau kasih tahu nih, seberapa mahal biaya untuk sebuah motor yang digunakan di ajang MotoGP.

Jadi sob, motor-motor yang kita lihat di balapan MotoGP itu ternyata dirakit dengan tangan manusia.

Motor yang digunakan adalah prototipe dan menggunakan teknologi terbaru dari masing-masing pabrikan.

Valentino Rossi dengan Yamaha YZR-M1/pixabay.com
Valentino Rossi dengan Yamaha YZR-M1/pixabay.com

Karena motornya menggunakan teknologi khusus dan terbaru, soal spare part juga pasti nggak bisa sembarangan, sob.

Spare part yang digunakan tuh terbatas banget jumlahnya, itu yang bikin dana yang harus dikeluarkan juga besar.

Misalnya nih, hanya untuk fork depan Yamaha YZR-M1 yang digunakan oleh Rossi dan Vinales harganya bisa menyentuh Rp 1,5 Miliar.

Kalau fork depan saja harganya segitu, gimana dong mesinnya? Kata mekanik tim Honda, harga mesinnya bisa tembus sampai Rp. 3 Miliar.

Marc Marquez Menunggangi RC213V 2018/pixabay.com
Marc Marquez Menunggangi RC213V 2018/pixabay.com

Konstruksi sasis motor yang tanding di MotoGP juga haruslah ringan tapi tetap kuat. Makannya banyak pabrikan yang memakai bahan-bahan yang gak umum di pasaran.

Bahan-bahan semisal Titanium, Magnesium dan Carbon Fiber yang biasanya menyusun dari sasis hingga fairing.

Bahkan nih sob, rem cakramnya aja pakai bahan campuran serat karbon, beda dong sama motor kita yang pakai lempengan besi.

Cakram Depan buatan Brembo/motorcycle.com
Cakram Depan buatan Brembo/motorcycle.com

Motor super cepat harus juga didukung dengan teknologi elektronik yang super canggih, biar membantu pekerjaan mekanik dan teknisi.

Tiap motor biasanya punya lebih dari 30 sensor elektronik yang mengumpulkan data mulai dari suspensi, rem dan suhu mesin dan knalpot.

Knalpot Motor Ducati/www.advridermag.com.au
Knalpot Motor Ducati/www.advridermag.com.au

Terus juga, ada part motor yang gak bisa digunakan berulang-ulang karena kondisi balapan yang cukup ekstrem. Misalnya aja ban motor.

Kalau ban motor yang biasanya kita pakai, paling gak bisa bertahan hingga ratusan atau bahkan ribuan kilometer, baru kemudian diganti yang baru.

Tapi kalau ban motor MotoGP, nggak bisa sob. Karena bahan yang dipakai di ban motor MotoGP dibuat dengan bahan khusus yang lebih tahan suhu tinggi dan lebih nge-grip di aspal sirkuit.

Ducati Desmosedici GP17/pixabay.com
Ducati Desmosedici GP17/pixabay.com

Jadi kira-kira berapa ya, total harga satu motor yang dipakai di MotoGP? Hitung sendiri aja ya, sob. Udah pasti mahal banget deh.

Berita Terkait

Berita Terkini