Mobil

Tak Ada yang Murah, Ini 8 Kendaraan yang Pernah Dikoleksi Luhut Pandjaitan

Mobil-mobil ini datang dan pergi dari garasi Luhut.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Luhut Panjaitan saat Bertemu dengan Sekertaris Pertahanan Amerika. (wikimedia)
Luhut Panjaitan saat Bertemu dengan Sekertaris Pertahanan Amerika. (wikimedia)

Mobimoto.com - Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan ternyata merupakan seorang politisi yang 'doyan' gonta-ganti mobil. Hal tersebut tampak melalui dokumen LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) tahun 2015 yang berhasil diunduh dari situs resmi KPK (9/4).

Pada dokumen tersebut, tercatat sebanyak 8 kendaraan pernah datang, singgah dan pergi di garasi milik Jendral Purnawirawan TNI tersebut.

Tak ada yang murahan, semua mobil yang 'berlalu-lalang' di garasi Menko Kemaritiman tersebut rata-rata dibanderol dengan harga selangit. Apa saja itu? Berikut 8 kendaraan yang pernahn dikoleksi oleh Luhut Panjaitan.

1. Mobil merek Isuzu

Isuzu MU-X. (finance.yahoo.com)
Ilustrasi mobil Isuzu MU-X. (finance.yahoo.com)

Tidak dijelaskan secara spesifik, namun dalam dokumen tersebut Luhut Panjaitan pernah memiliki kendaraan bermerek Isuzu yang dibuat tahun 2006 dengan nilai Rp 142.500.000.

2. Lexus 2008

Ilustrasi Lexus LX 570. (lexus.com)
Ilustrasi Lexus LX 570. (lexus.com)

Mewah, kendaraan milik Luhut yang satu ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 1,6 miliar. Dibuat tahun 2008, sayangnya tidak diketahui kendaraan tipe apa ini.

3. Toyota Alphard

Toyota Alphard. (Trapo Asia)
Toyota Alphard. (Trapo Asia)

Mobil mewah yang menjadi kendaraan favorit orang berduit ini tentu tak luput dari daftar kendaraan koleksi dari Luhut. Mobil buatan tahun 2009 ini dibanderol dengan harga Rp 865 juta.

4. Lexus 2014

Lexus ES. (lexus.com)
Lexus ES. (lexus.com)

Tak cuma satu Lexus, dalam dokumen LHKPN tersebut, tercatat Luhut pernah membeli mobil Lexus lain buatan tahun 2014 dengan harga Rp 2,3 miliar.

5. Mazda Cronos

Ilustrasi Mazda Cronos. (wikimedia)
Ilustrasi Mazda Cronos. (wikimedia)

Pernah singgah, Luhut pernah membeli mobil Mazda Cronos buatan tahun '98 yang telah dijual. Mobil ini memiliki nilai seharga Rp 90 juta.

6. Cherokee

Jeep Cherokee XJ. (Bring A Trailer)
Ilustrasi Jeep Cherokee XJ. (Bring A Trailer)

Pernah mampir juga, Jeep Cherokee buatan tahun 1997 yang dibanderol seharga Rp 125 juta ini pernah menjadi koleksi dari Menko Kemaritiman satu ini.

7. Toyota Crown

Ilustrasi Toyota Crown. (wikipedia)
Ilustrasi Toyota Crown. (wikipedia)

Pada tahun 2000, Luhut Panjaitan pernah memboyong sedan mewah Toyota Crown yang dulu memiliki nilai Rp 350 juta yang kini telah dijual.

8. Kia Carnival

Ilustrasi Kia Carnival. (wikipedia)
Ilustrasi Kia Carnival. (wikipedia)

Untuk urusan mobil keluarga, Luhut Panjaitan pernah memboyong Kia Carnival tahun 2000 yang dibanderol dengan harga Rp 230 jutaan dan kini kendaraan tersebut tercatat telah dijual.

Itulah 8 kendaraan yang pernah datang dan pergi di garasi Luhut Binsar Panjaitan. Sayangnya dokumen LHKPN tahun 2015 tersebut tidak memuat jenis secara terperinci kendaraan Luhut. Kan bikin penasaran?

Berita Terkait

Berita Terkini