Mobil

Mazda Jalani 'Puasa' untuk Produksi Mobil Hingga 2022, Ada Apa Nih?

Mazda secara mengejutkan akan bersemedi hingga tahun 2022 untuk tidak produksi mobil

Rauhanda Riyantama | Gagah Radhitya Widiaseno

Mazda CX-30. (carscoops)
Mazda CX-30. (carscoops)

Mobimoto.com - Biasanya pabrikan-pabrikan mobil berlomba-lomba untuk menciptakan model baru agar konsumen tertarik membelinya. Apalagi di awal tahun, mereka gencar-gencarnya untuk melakukan penyegaran pada line-up mereka.

Namun, ternyata hal ini tidak dilakukan Mazda. Pabrikan mobil asal Jepang ini menyatakan akan puasa terlebih dahulu memproduksi mobil hingga 2022.

Seperti dilansir dari asia.nikkei, Mazda kabarnya justru tak akan merilis mobil baru sampai 2022 mendatang. Jelas, ada alasan tertentu di baliknya.

Mazda saat ini kabarnya sedang sibuk mengembangkan platform baru untuk kendaraan besar. Pabrikan yang bermarkas di Hiroshima itu juga akan menciptakan mesin 6-silinder inline berpenggerak belakang (rear-wheel drive/ RWD).

Mazda CX-3 pada Ajang GIIAS 2018. (Instagram/@mazdaid)
Mazda CX-3 pada Ajang GIIAS 2018. (Instagram/@mazdaid)

Dapur Mazda pun sedang repot dalam pengembangan mesin diesel, sistem hybrid, dan teknologi mobil listrik. Kemungkinan besar teknologi baru ini akan dipamerkan dalam 2 tahun ke depan.

Beberapa pihak meyakini bahwa platform baru ini mampu membuat Mazda menjadi mobil yang lebih premium. Artinya, mereka mencoba menempatkan posisi setara dengan BMW, Mercedes-Benz, dan Audi.

Sebenarnya pihak Mazda pun menyadari bahwa tanpa adanya mobil baru bisa membuat pelanggan mereka berpindah ke merek lain. Jelas, ini merupakan langkah yang berani dan berisiko.

Namun langkah ini justru dilakukan demi menciptakan sesuatu yang baru di masa depan, tidak hanya gitu-gitu aja.

Berita Terkait

Berita Terkini