Motor

Eksotis, Motor Buatan Jerman Ini Bermesin 6 Silinder TOHC!

'Moge' ini memiliki spesifikasi mesin yang cukup unik.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Horex VR6 Raw. (horex.com)
Horex VR6 Raw. (horex.com)

Mobimoto.com - Produsen motor asal Jerman, Horex, merilis motor baru dengan mesin yang bisa dibilang 'unik' sekaligus eksotis.

Merek motor ini mungkin memang terdengar asing di telinga kita, warga Indonesia. Walaupun demikian, perusahaan ini telah berdiri lama lho. 1893 adalah tahun di mana perusahaan ini membuat motor pertamanya.

Horex VR6 Raw. (horex.com)
Horex VR6 Raw. (horex.com)

Kembali ke motor terbarunya, Horex VR6 Raw, motor ini menggendong mesin dengan spesifikasi yang unik yang jarang ditemui pada motor umumnya. Yakni mesin 6 silinder TOHC. TOHC adalah jumlah klep pada kepala silinder, motor normal yang memiliki satu chamshaft  dua klep disebut SOHC, sementara dua chamsaft empat klep disebut DOHC, dan motor ini memiliki tiga chamshaft dengan 3 klep per silindernya.

Dengan 6 silinder, maka mesin ini memiliki kubikasi sebesar 1218 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 161 HP dan torsi 128 Nm.

Horex VR6 Raw. (horex.com)
Horex VR6 Raw. (horex.com)

Untuk masalah fitur, motor ini dilengkapi dengan lampu LED dan juga sistem pengereman ABS. Tak lupa LCD sebesar 7 inci plus 'ride by wire', juga lithium ion battery, alias aki kering berupa baterai serupa baterai ponsel, plus immobilizer, untuk berjaga-jaga kali aja ada yang berminat menggondol motor ini.

Perihal menggondol motor, para maling yang berminat 'angkut' motor ini harus berpikir ulang. Hal ini disebabkan selain dilengkapi immobilizer, motor ini juga memiliki bobot 220kg, yang mana tergolong super berat untuk sebuah motor.

Gimana, keren nggak motor ini?

Berita Terkait

Berita Terkini