Tips

Waspada Musim Hujan, Video Ini Perlihatkan Bahaya Aquaplaning

Jangan sampai gara-gara genangan, nama tinggal kenangan...

Rima Sekarani Imamun Nissa | Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi Aquaplaning atau Hydroplaning. (Driver Start)
Ilustrasi Aquaplaning atau Hydroplaning. (Driver Start)

Mobimoto.com - Saat musim hujan, suasana jalanan identik dengan adanya genangan, terutama pada ruas-ruas jalan yang tidak memiliki saluran pembuangan air yang layak. Kondisi tersebut tentu patut diwaspadai oleh para pengguna jalan. Selain jalan menjadi licin karena basah, genangan menimbulkan potensi bahaya aquaplaning.

Aquaplaning atau hydroplaning merupakan kondisi di mana ban kehilangan traksi atau daya cengkeram ke aspal yang diakibatkan adanya air atau genangan. Apa bedanya dengan jalan licin biasa?

Pada aquaplaning, jika kendaraan yang melintas dengan kecepatan cukup tinggi, apalagi genangannya cukup dalam, maka ban kendaraan seolah-olah mengambang untuk beberapa milidetik. Jika kendaraan melaju dalam kecepatan tinggi, potensi hilang kendali juga makin tinggi, seperti video satu ini.

Video tersebut memperlihatkan beberapa kendaraan yang tergelincir saat melewati jalan dengan genangan air yang cukup tinggi. Kecepatan kendaraan tersebut 'sudah cukup' untuk membuat terjadinya aquaplaning dan membikin kendaraan-kendaraan tersebut hilang kendali.

Berita Terkait

Berita Terkini