Tips

Antara Box Motor dan Tas, Ini TIps Memilih Sesuai Kebutuhan

Selain bikin tampilan lebih kece, box atau tas motor juga fungsional untuk membawa barang-barang.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

BMW R 1200 GS yang Lengkap Dengan Box Motor Serta Side Pannier. (Ultimate Motorcycling)
BMW R 1200 GS yang Lengkap Dengan Box Motor Serta Side Pannier. (Ultimate Motorcycling)

Mobimoto.com - Bagi kalian yang doyan touring dengan sepeda motor, box motor atau tas motor tentu bukan hal asing lagi. Keduanya sangat fungsional untuk membawa banyak barang dan perlengkapan selama perjalanan. Dua-duanya juga punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah, untuk kamu yang masih bingung mau pakai box motor atau tas, yuk simak tips memilihnya sesuai kebutuhan.

Seperti kita ketahui, box motor seperti buatan Kappa, GIVI dan lainnya terbuat dari bahan yang keras, baik plastik keras, aluminium atau bahkan stainless steel. Masing-masing tentu untuk kebutuhan dan durabilitas yang berbeda.

Tak cuma box motor, produsen tersebut juga memproduksi varian yang disebut soft luggages atau bisa juga disebut sebagai tas motor. Bedanya dengan box motor, adalah dari bahan yang digunakan. Yup, tas motor menggunakan bahan seperti tas ransel.

Pertama, yuk kita bahas dulu soal tas motor alias soft luggages. Melansir dari Ride Apart, tas motor punya beberapa kelebihan. Seperti bobot yang ringan dan pemasangan yang mudah, karena hanya menggunakan resleting, atau pun penjepit seperti buckle clip.

Ilustrasi Tas Motor dari Lomo. (Lomo)
Ilustrasi Tas Motor dari Lomo. (Lomo)

Tas motor juga lebih mudah disesuaikan dan diatur posisinya. Selain itu, karena tas motor tidak memerlukan bracket atau dudukan khusus, maka kamu bisa memasang dan mencopot dengan mudah di berbagai jenis motor.

Tapi, tas motor juga punya beberapa kelemahan, Sob. Pertama, kamu harus memperhatikan pemasangan. Pastikan tas motor kamu terpasang dengan kencang, dan tidak bergeser, ya. Perhatikan juga agar tas tidak mengenai knalpot dan rantai atau bagian bergerak pada motor.

Berita Terkait

Berita Terkini