Mobil

Simpang Siur Mobil Nasional Esemka, Berikut 5 Faktanya

Mobil ini kabarnya akan diproduksi akhir tahun ini.

Rendy Adrikni Sadikin | Cesar Uji Tawakal

Walikota Solo 2012 saat meresmikan Esemka menjadi mobil dinas. (Facebook/Mobil Esemka)
Walikota Solo 2012 saat meresmikan Esemka menjadi mobil dinas. (Facebook/Mobil Esemka)

2. Buatan anak-anak SMK

Digagas oleh Sukiyat, kendaraan mobil Esemka ini bertujuan untuk transfer ilmu agar anak-anak SMK lebih terampil. Proyek ini terus berkembang, menjadikan kerjasama berbagai SMK di Indonesia, termasuk tiga diantaranya yakni SMK Negeri 1 Trucuk, SMK Warga Surakarta bahkan SMK 2 Wonogiri.

3. Meredup, tak kunjung produksi

Mobil ini sempat melalui berbagai uji emisi hingga dinyatakan lolos Euro 2 pada 2012. Namun walau demikian, hingga saat ini kabar mengenai mobil ini masih simpang siur.

4. Merebak lagi

Isu mengenai mobil nasional ini mulai hidup lagi setelah proyek ini 'dipegang' oleh Mantan Kepala Badan Intelijen Negara AM Hendro Priyono melalui PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) yang mengakuisisi Esemka pada 2015. Dikabarkan Esemka telah medirikan pabrik di Boyolali, Jawa Tengah dan Bogor, Jawa Barat.

Mobil Esemka disejajarkan dengan mobil Cina merek Foday. (kaskus.co.id)
Mobil Esemka disejajarkan dengan mobil Cina merek Foday. (kaskus.co.id)

 

5. Dituding mirip mobil Cina

Belum juga diproduksi, mobil ini mendapatkan isu miring. Mobil ini diisukan merupakan mobil impor yang dirakit di Indonesia. Hal ini terjadi lantaran mobil Esemka tampak mirip dengan beberapa mobil asal Cina bermerk Foday. Tuduhan inipun dibantah oleh Hendropriyono. Dan saat ini, mobil Esemka dikabarkan siap diproduksi massal setelah Kementrian Perhubungan mengeluarkan sertifikat uji tipe terhadap delapan jenis tipe mobil Esemka.

Berita Terkait

Berita Terkini