Mobil

Sales Terhebat di Dunia ini Mampu Jual 13.000 Mobil Baru, Taktiknya Jitu

Gelar salesman terhebat di dunia pernah hampir dilengserkan.

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita

Joe Girard. (dokumentasi joegirard.com)
Joe Girard. (dokumentasi joegirard.com)

Mobimoto.com - Dalam sebuah perusahaan, salesman atau tenaga penjual memiliki peranan penting dalam mencapai kesuksesan. Menariknya, seorang pria bernama Joseph Samuel Girardi atau Joe Girard mendapat gelar salesman terhebat di dunia karena prestasi yang yang dimiliki

Pria berkebangsaan Amerika Serikat itu memecahkan rekor dunia setelah berhasil menjual mobil terbanyak dalam waktu setahun. Yang membuat salut, gelar itu berhasil dipertahankan hingga 15 tahun.

Dikutip dari laman Carscoops, Girard menjual 1.425 mobil baru pada tahun 1973. Dari jumlah tersebut, berarti ia rata-rata menjual empat mobil setiap harinya. Sementara itu selama bekerja dari tahun 1963-1978 di perusahaan Chevrolet, total ada 13.001 kendaraan baru yang berhasil dijual.

Joe Girard. (dokumentasi joegirard.com)
Joe Girard. (dokumentasi joegirard.com)

Sukses menjadi salesman andal, Joe Girard tentunya memiliki strategi tersendiri. Salah satu taktik penjualannya yaitu tidak berbicara dan menyapa sesama rekan kerjanya kecuali saat mengucap 'Selamat Pagi'. Selain itu, ia memiliki kebiasaan makan siang di mejanya sehingga bisa terus menjual mobil.

Di sisi lain, ternyata gelar sebagai salesman terhebat yang diperoleh Joe Girard pernah dibantah oleh media Automotive News. Media itu menyebut kalau seorag salesman Ali Reda berhasil menjual 1.582 mobil pada tahun 2017. Pertikaian kedua belah pihak akhirnya diselesaikan Guinness World Records.

Joe Girard. (dokumentasi joegirard.com)
Joe Girard. (dokumentasi joegirard.com)

Nama Girard tetap ada tapi kemudian masuk dalam kategori pensiunan. Kendati demikian, salesman senior itu masuk dalam Hall of Fame Otomotif di tahun 2001.

Setelah pensiun, pria itu kemudian beralih profesi menjadi pembicara dan menulis dua buku stategi pemasaran How to Sell Anything to Anybody serta How to Close Every Sale. Joe Girard meninggal dunia pada usianya yang 90 tahun pada 28 Februari 2019 setelah mengalami cedera otak.

Berita Terkait

Berita Terkini