Motor

Ini Dia Calon Pesaing Terbaru Yamaha R6, Kawasaki ZX-6R

Motor sekarang sudah lolos EURO4

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Lampu Kawasaki ZX-6R. (kawasaki.eu)
Lampu Kawasaki ZX-6R. (kawasaki.eu)

Mobimoto.com - Pabrikan asal Jepang, Kawasaki telah merilis motor sport terbarumya, ZX-6R. Motor yang merupakan rival dari Yamaha R6 masih setia menggunakan mesin sebelumnya yang memiliki kubikasi mesin sebesar 636 cc.

Walaupun menggunakan mesin lama, motor ini sekarang sudah lulus standar emisi EURO 4. Untuk urusan tenaga, motor bermesin DOHC 4 silinder segaris ini mampu menghasilkan power sebesar 95,4 kW (100 kW jka mengunakan RAM air) dan torsi sebesar 70,8 Nm.

Tak hanya itu, motor ini memiliki desain baru baik di sektor muka alias lampu depan, desain fairing, hingga desain buritan. Pada varian terbaru, motor ini dilengkapi dengan lampu dual LED, tidak seperti versi lama yang masih menggunakan bohlam. Tak hanya lampu depan, lampu belakang juga menggunakan LED.

Kawasaki ZX-6R. (kawasaki.eu)
Kawasaki ZX-6R. (kawasaki.eu)

Selain itu, motor ini dilengkapi dengan assist dan slipper clutch. Tak hanya itu, motor ini juga dilengkapi dengan quick shifter, membuat proses perpindahan transimis kecepatan dari 1 ke 6 menjadi makin mudah.

Agar lolos standaru EURO4 tanpa mengurangi tenaga mesin, Kawasaki melakukan perombakan mesin pada bagian injeksi, membuat motor ini makin hemat tanpa mengorbankan tenaga.

Pada sektor pengereman, motor ini dilengkapi dengan KIBS dan KTRC. KIBS adalah Kawasaki Intelligent anti-lock Brake System, alias ABS versi Kawasaki. Selain itu KTRC adalah Kawasaki TRaction control, semacam pengontrol traksi pada moge.

Gimana, keren nggak nih motor?

Berita Terkait

Berita Terkini