Motor

10 Years Challenge Edisi: Kompilasi Motor Lawas yang Eksis Hingga Kini

Motor-motor ini merupakan motor paling berpengaruh dari tiap tipe motor di Indonesia.

Agung Pratnyawan | Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi motordi jalanan. (suara.com/Kurniawan Mas`ud)
Ilustrasi motordi jalanan. (suara.com/Kurniawan Mas`ud)

Mobimoto.com - Dalam dinamika industri otomotif roda dua, sudah banyak merek dan tipe yang datang silih berganti. Kurangnya peminat membuat motor-motor tersebut terpaksa harus disuntik mati, hanya tinggal nama dan sejarah.

Namun tidak dengan motor-motor di bawah ini. Mereka berhasil tetap eksis di tengah kerasnya persaingan antar produsen motor. Siapa saja mereka? Seperti apa mereka 10 tahun yang lalu?

Simak 10 years challenge berikut ini.

1. Bebek/Moped

Kompilasi motor paling berpengaruh di Indonesia.
Kompilasi motor bebek paling berpengaruh di Indonesia.

Tak bisa dipungkiri, walaupun keberadaannya kini sudah 'digusur' oleh motor matic, sepeda motor bebek alias moped masih memiliki penggemar setia. Terutama bagi mereka kaum 'konservatif' yang tetap setia dengan motor jenis ini.

Sebenarnya ada banyak motor bebek yang merupakan nama-nama lama, namun di antara mereka, keberadaan Supra X bisa dibilang sudah melegenda. Bebek ini sudah hadir dari era 2000-an dan tetap eksis hingga kini. Tak hanya itu, penjualan dari motor ini tergolong paling tinggi di antara motor bebek lainnya.

Setidaknya di kancah dunia 'per-bebek-an', ada nama-nama besar yang bersaing melawan Supra series. Yakni Suzuki Shogun-series yang kini sudah 'punah', Yamaha Jupiter-series yang walaupun masih, penjualannya kembang kempis dibandingkan Supra (kecuali Jupiter MX King vs Supra GTR 150).

Versi terbaru dari motor ini dilengkapi dengan desain yang slim dan memiliki sistem pengabut bahan bakar injeksi, namun pada versi sebelumnya ternyata juga tidak kalah. Hadir dalam edisi karbu dan injeksi pada tahun 2009, motor ini dulunya (mungkin hingga sekarang) mempunyai julukan 'rajanya motor bebek'.

Berita Terkait

Berita Terkini