Tips

Bingung Pilih Mobil? Ini 5 Keunggulan Mobil Transmisi Manual

Walaupun mobil matic sedang begitu diminati, namun 5 keunggulan mobil manual ini patut dipertimbangkan.

Stephanus Aranditio | Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi Porsche Boxster Cabriolet. (Car And Driver)
Ilustrasi Porsche Boxster Cabriolet. (Car And Driver)

Mobimoto.com - Tak hanya motor, mobil otomatis alias mobil matic memang sedang populer. Adanya mobil ''tanpa gigi'' ini membuat bagi calon pembeli atau pencari mobil yang awam bingung. Mana yang lebih baik, mobil matic atau mobil manual?

Mobil matic memang memiliki keunggulan. Tak hanya praktis karena tak perlu repot-repot pindah gigi, mobil ini juga digemari lantaran lebih mudah dikendarai dari pada mobil manual. Namun apakah mobil manual tak punya keunggulan? Tentu tidak. Dilansir dari Car Throttle (16/10) berikut adalah keunggulan mobil manual dibandingkan mobil matic.

1. Lebih murah 

Mitsubishi Xpander. (mitsubishi-motors.co.id)
Ilustrasi Mitsubishi Xpander. (mitsubishi-motors.co.id)

 

Bukan rahasia lagi kalau mobil manual memiliki harga yang lebih murah. Sebagai contoh, dilihat dari situs resmi dari Mitsubishi, harga Xpander varian Sport M/T adalah Rp. 237.200.000 sementara untuk versi Sport A/T alias versi otomatisnya memiliki harga Rp.247.200.000 rupiah, selisih Rp. 10 juta.

2. Effisien 

Ilustrasi isi BBM. (1centralhulb)
Ilustrasi isi BBM. (1centralhulb)

 

Konsumsi bahan bakar pada kendaraan dengan transmisi manual memang lebih hemat. Hal ini dikarenakan mobil manual bisa dikendalikan perputaran mesinnya, tidak seperti mobil otomatis di mana perputaran mesin tergantung dari seberapa dalam kita menginjak tuas gas, sehingga jika putaran mesin selalu tinggi otomatis konsumsi bahan bakar jadi lebih boros, terutama saat berkendara di medan yang terdapat banyak tanjakan dan turunan.

3. Lebih ringan 

Mobil berwarna putih
Mobil yang lebih ringan maka lebih responsif.

 

Memiliki mesin yang lebih simpel membuat mobil dengan transmisi manual memiliki bobot yang lebih ringan. Hal itu tentu membuat power to weght ratio lebih tinggi, sehingga kendaraan secara teknis bisa dibilang lebih responsif.

4. Bisa didorong 

Mobil terbakar. (iraqinews.com)
Jika mobil mengalami kerusakan dan mogok, setidaknya mobil manual bisa didorong. (iraqinews.com)

 

Kelebihan lain dari mobil manual adalah bisa didorong saat mogok, tidak seperti mobil matic. Walaupun tidak ada yang mengharapkan hal ini terjadi namun untuk berjaga-jaga, kenapa tidak?

5. Kontrol dalam kendali 

Mobil bertransmisi manual. (autoblog.com)
Mobil bertransmisi manual. (autoblog.com)

 

Mobil manual lebih responsif jika dibandingkan mobil matic. Pada mobil manual, jika si pengemudi ingin mendahului kendaraan atau 'ancang-ancang' untuk mengambil tanjakan, maka mobil manual tinggal 'main gigi'.

Tidak seperti mobil matic di mana akselerasi dan putaran mesin tidak bisa dikendalikan sehingga saat berakselerasi maka tidak akan langsung merespon. Tak hanya itu, jika pada turunan maka pengemudi bisa menggunakan engine brake untuk mengurangi kecepatan, tidak seperti mobil matic.

Berita Terkait

Berita Terkini