Mobil

Jogja VolksWagen Festival Kembali Menyapa Masyarakat Indonesia, Catat Tanggalnya

Jogja VolksWagen Festival Kembali Menyapa Masyarakat Indonesia, Catat Tanggalnya.

Gagah Radhitya Widiaseno

Jogja Volkswagen Festival 2022 dihelat di Candi Prambanan (Instagram)
Jogja Volkswagen Festival 2022 dihelat di Candi Prambanan (Instagram)

Mobimoto.com - Setelah vakum lebih dari 3 tahun lamanya, Jogja VolksWagen Festival (JVWF) kembali hadir menyapa masyarakat Indonesia. Candi Prambanan sebagai destinasi baru untuk perhelatan JVWF 2022 ini yang dimulai dari tanggal 16 sampai 17 Juli 2022.

Event akbar ini tidak hanya melulu merangkul pencinta otomotif VW saja, tetapi banyak pihak yang terlibat seperti ekonomi kreatif, seniman, dan kolektif di Yogyakarta.

JVWF 2022 ini tampil lebih beda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Pihak penyelenggara menggunakan konsep baru dalam acara yang diselenggarakan di Candi Prambanan ini.

JVWF 2022 hadir lebih adaptif, terkonsep, dan dinamis mengikuti perkembangan zaman dan situasi dunia.

Adaptif dimaksudkan yakni mengusung konsep hybrid. Jadi JVWF 2022 akan digelar secara tatap muka langsung dan virtual.

Pengunjung yang datang pun harus sudah divaksin 2 kali untuk bisa masuk ke event akbar ini. Tak lupa, panitia penyelenggara juga membatasi pengunjung yakni 25 ribu karena Indonesia benar-benar belum bebas dari pandemi.

Press Conference Jogja Volkswagen Festival 2022 di Hotel Sahid Raya (13/7/2022) (Suara.com/Gagah Radhitya)
Press Conference Jogja Volkswagen Festival 2022 di Hotel Sahid Raya (13/7/2022) (Suara.com/Gagah Radhitya)

"Penyelenggaraan kegiatan offline di Candi Prambanan juga dirancang tidak hanya terkonsentrasi di satu titik. Kegiatan akan terbagi dalam tujuh zona dengan batasan maksimal 150 orang di tiap zona," beber Head Manager Volkswagen Club Yogyakarta Sumartoyo seperti yang diutarakan pada acara Press Conference yang dihadiri redaksi Suara.com.

JVWF 2022 disebutkan terkonsep yang berarti akan mengakomodasi banyak acara menarik dengan serius. Artinya porsi perhelatan secara virtual maupun tatap muka sama, termasuk display koleksi mobil VW secara online dan offline.

Pameran secara offline akan memamerkan mobil VW dari berbagai tipe, dari klasik sampai kustom. Puluhan mobil VW dan Porsche yang dipamerkan, yang tertua Porsche tahun 1951.

Kolektor luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, Australia, Eropa, dan Amerika bisa ikut menampilkan koleksinya dan dilihat lewat layar berukuran besar.  Total ada 40 mobil yang tampil di screen dengan teknologi digital kamera 360.

Lalu Show n Shine, yakni ajang kontes mobil VW berbagai tipe, baik klasik maupun kustom secara online dan offline. Untuk offline, pameran akan dihelat dalam tenda roaders. Sementara untuk pameran online-nya, peserta wajib mengirimkan foto dan video mobil Volkswagen ke penyelenggara sesuai peraturan yang berlaku.

Khusus untuk JVWF #5 tahun 2022 kali ini akan diadakan juga kontes Rookie, yakni lomba untuk kelas builder pemula dan pemilik mobil Volkswagen yang belum pernah ikut kontes. Kontes-kontes ini memperebutkan Piala Wakil Gubernur DIY Paku Alam X.

"Selain 90 lebih mobil yang tampil, akan ada 40 rookie yang bertanding memperebutkan Piala Bergilir Paku Alam X. Ajang ini baru kali ini diadakan, harapannya semakin menyemarakkan JVWF," harap Tjahjo Widjojono, salah satu penggagas JVWF.

Berita Terkait

Berita Terkini